FJPP

BPOM Dumai Ajak Semua Pihak Bekerja Sama Menjaga Keamanan Pangan

Petugas Loka POM Dumai saat turun langsung memantau Pangan di sejumlah market

DUMAI (MR) - Dalam memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh tanggal 07 Juni, Loka POM di Kota Dumai melakukan kegiatan Talkshow “Keamanan Pangan, Tanggung Jawab Semua Orang”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye World Food Safety Day dengan tema Safe Food in Markets. Dalam kegiatan ini, Emi Amalia selaku Kepala Loka POM di Kota Dumai, menyampaikan materi keamanan pangan, tips mengolah pangan, penyakit akibat pangan, serta food waste.

“Setiap orang memegang peranan penting yang harus dijalankan untuk meningkatkan keamanan pangan. Tidak hanya pemerintah dan pelaku usaha yang bergerak dibidang pangan, keamanan pangan juga merupakan tanggung jawab konsumen. Kerjasama dari 3 pilar inilah yang kita butuhkan”, jelas Emi.

Berdasarkan data WHO, satu dari 10 orang , sakit akibat kontaminasi pangan. Juga 40% kejadian luar biasa (KLB) terjadi disebabkan oleh masakan rumah tangga.

Untuk itu, Emi mengajak seluruh pihak untuk bekerjasama dalam menjaga keamanan pangan mulai dari dipanen hingga makanan siap untuk dikonsumsi.

Selain talkshow dan pengawasan langsung di sarana yang terus dilakukan, juga diadakan Komunikasi Informasi dan Edukasi Sarana Ritel Pangan di Kota Dumai bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Dinas Perdagangan Kota Dumai, dengan mendatangi sejumlah toko pangan untuk memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada pemilik, karyawan, dan konsumen dari toko pangan tersebut.

Pemilik toko juga bertanggung jawab dalam menjamin produk pangan yang dijual masih dalam keadaan baik dan aman untuk dikonsumsi. Diharapkan masyarakat juga mengambil peran aktif dengan turut peduli terhadap produk pangan yang beredar dipasaran.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan