Daerah

Bupati Labuhanbatu Hadiri Launching Kampung Tangguh di Kelurahan Aek Paing

LABUHANBATU (MR) - Membangkitkan kesadaran dan semangat masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai, Forkopimda Labuhanbatu ciptakan Kampung Tangguh Bumi Nusantara Ikabina En Pabolo yang diawali dengan Launching Expose pada Rabu (08/07/2020) di kelurahan Aek Paing,Kecamatan Rantau Utara.

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST. MT menyebutkan, kegiatan seperti ini kiranya tidak hanya bersifat seremonial belaka, tetapi harus berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan sesuai yang kita harapkan.

"Saya berharap ini terus berjalan dan bukan hanya seremonial saja, menciptakan kemandirian untuk ketahanan pangan sangat dibutuhkan di tengah pandemi ini, untuk itu saya berharap agar kiranya masyarakat dapat mandiri dalam mencari penghasilan demi ketahanan pangan,"harapnya.

Andi Suhaimi mengajak kepada seluruh instansi terkait agar selalu bergandeng tangan dengan masyarakat, agar apa yang dinamakan kampung tangguh mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di kampung itu.

"Saya meminta untuk Instansi terkait agar saling membahu dengan masyarakat agar apa yang diharapkan dapat kita capai,"ajaknya.

Bupati Labuhanbatu juga berharap dari sini lahir inovasi yang bisa dicontoh oleh daerah lain sehingga daerah ini menjadi tujuan ataupun wisata perkebunan maupun wisata lumbung pangan mandiri masyarakat. 

"Kampung tangguh kampung kuat yang masyarakatnya mampu memproteksi dirinya tangguh secara mandiri,"harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat,SIK.MH, menyampaikan Masyarakat harus memiliki ketangguhan pangan sehingga bisa solfrid, inilah yang mendasari terciptanya kampung tangguh.

"Kampung tangguh adalah kampung yang masyarakatnya bisa mandiri, mengedukasi masyarakat bertahan di tengah pandemi, tidak hanya berharap dari bantuan pemerintah, namun bisa mengatasi permasalahan secara mandiri, dengan contoh membudidaya ikan lele, Hidroponik seperti kangkung dan sawi, "ucapnya.

Kapolres Labuhanbatu juga berharap agar masyarakat tidak hanya harus mandiri dalam pangan, masyarakat juga harus mandiri dengan kesehatan, tidak mesti bergantung oleh Dinas kesehatan maupun Puskesmas hanya untuk memiliki masker dan cuci tangan.

"Selain mandiri dalam ketahanan pangan, kita juga harus bisa mandiri secara kesehatan, tidak hanya bergantung pada pemerintah khususnya dinas kesehatan, kita bisa buat masker sendiri, itu contoh kecil saja, untuk itu saya berharap agar kiranya kita lebih mandiri dalam setiap kebutuhan kita,"harapnya.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SH.SIK, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Ryanto, Kasdim 0209/LB, Kajari Rantauprapat Kumaedi SH, Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Khamazaro Waruwu, Seluruh OPD, Camat, Lurah, Perwakilan Bank Sumut, PLN ,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat setempat.

Seusai memukul gong tanda diresmikan nya Kampung Tangguh, Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, Kapolres, Ketua DPRD beserta rombongan melepas benih ikan lele dikolam milik Solihin dan dilanjutkan meninjau lokasi penanaman bibit jagung. (anditan)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan