di Kelurahan Meranti Pandak

Tim Kukerta Balek Kampung Unri Laksanakan Senam Lansia dengan Taati Protokol Kesehatan

MONITORRIAU.COM - Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2020 di Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru (26/7/2020) melakukan kegiatan senam lansia.

Kegiatan ini diikuti oleh para lansia di Kelurahan Meranti Pandak, agar lansia tetap sehat dan bugar. Peserta dari kegiatan ini berasal dari berbagai RT dan RW di kelurahan Meranti Pandak.

Tim Kukerta Balek Kampung yang melakukan kegiatan ini terdiri dari 9 orang mahasiswa yang merupakan mahasiswa fakultas Keperawatan program B angkatan 2019, yakni Rosa Fitria (Ketua), Sonny (Wakil Ketua), Ranny Rahimulyani (Sekretaris), Sundari (Bendahara), Siti Nurhaliza, Semiani, Rezdhika Yolanda, Safdara Tika dan Raja Resta sebagai anggota dibawah bimbingan  Ibu Dr. Reni Zulfitri, M.Kep.,Sp.Kom selaku dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan ini dilakukan di kawasan destinasi wisata tepi sungai Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir. Acara ini dapat terselenggara atas kerja sama berbagai pihak, mulai dari RT, RW, Ketua Forum RT/RW, Ketua umum Kampung KB Meranti Mandiri dan Pengarah Kegiatan Kampung KB yang selama ini membantu atas terselenggaranya berbagai kegiatan Kukerta Balek Kampung ini. 

Dalam kegiatan ini, hadir pula ibu PLKB/Pendamping dan pengarah kegiatan kampung KB (Ibu Eliza) serta Ibu Ketua Bina Keluarga Lansia RW 05 (Ibu Deliwarni) serta tentunya Bapak Ketua Forum Kampung KB Meranti Pandak (Andri Rashmana,CM) dan bapak Ketua RT dan RW 05.

Pelaksanaan senam lansia ini merupakan salah satu upaya pengembangan lansia di Kelurahan Meranti Pandak dan juga menjadi fokus dari program kukerta. Setelah dilakukan survey dan wawancara sebelumnya, ternyata jumlah populasi lansia di sekitar wilayah Meranti Pandak cukup banyak tetapi kegiatannya belum terlalu berkembang.

"Untuk itu, kedatangan kami ke Kampung ini diharapkan dapat mengedukasi baik kader sebagai sasaran tidak langsung maupun lansia sebagai sasaran langsung agar tetap bisa produktif dan hidup sehat meski di usia senja," papar Rosa selaku Ketua Tim Kukerta Balek Kampung Meranti Pandak.

Diharapkan dengan pengajaran dan edukasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan, lansia dan kader lansia disini dapat melakukan kegiatan ini secara rutin. 

Mengingat masih dalam masa pandemi tentunya kurang memungkinkan untuk mengumpulkan banyak massa terlalu sering apalagi bila lansia yang kita tahu sangat rentan sekali, oleh karena itu saat kegiatan senam tadi, semaksimal mungkin kami terapkan protokol kesehatan Covid-19,

"Mulai dari pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker. Kebetulan untuk lansia yang tidak menggunakan masker, dari tim kukerta sudah menyediakan masker sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19," tambah Rosa.

“Kegiatan ini dapat terselenggara atas kerja sama berbagai pihak RT, RW kader dan masyarakat sekitar, diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin di Kelurahan Meranti Pandak ini, agar lansia kami dapat terus sehat dan aktif,” ujar bapak Andri selaku Ketua Umum Kampung KB Meranti Mandiri.

Lansia yang datang ke kegiatan tersebut pun sangat bersemangat mengikuti acara dan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, karena lansia menjadi mengerti manfaat pentingnya berolahraga, walaupun hanya sekedar olahraga ringan, mengingat fungsi tubuh yang tak lagi seperti orang pada usia muda. (rls)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan