Daerah

Andi Suhaimi: Inovasi Merupakan Kunci untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

LABUHANBATU (MR) - Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing nasional dan meningkatkan kesejahteraan bangsa, Demikian diucapkan Bupati Kabupaten Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT pada saat membuka acara workshop Bimbingan Teknis (Bimtek) tim laboratorium inovasi pada Senin (24/08/2020) di Pasuruan jaya, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara.

Andi suhaimi mengatakan, Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan perubahan yang signifikan dengan meningkatkan kapasitas inovasi.

"Pemerintah labuhanbatu berupaya merespon tuntutan perubahan dan dinamika yang berkembang sangat cepat dengan meningkatkan kapasitas inovasi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Kegiatan kita pada hari ini adalah salah satu upaya pembangunan kapasitas inovasi di kabupaten labuhanbatu,"katanya.

Andi juga berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memahami narasumber untuk mengaplikasikan baik-baik saat melayani masyarakat.

"Saya berharap agar setiap OPD dapat memahami materi yang disampaikan narasumber dan mengaplikasikan sebaik-baiknya saat melayani masyarakat. Organisasi Perangkat Daerah harus dapat berkreasi dan berinovasi, karena hanya dengan inovasi kita mampu memenuhi harapan masyarakat,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan (Kaban) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Labuhanbatu Zuhri SE.M.Si selaku panitia pelaksana mengatakan tujuan diselenggarakannya workshop untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mencari inovasi dan memperkuat inovasi daerah.

Tujuan inovasi di sektor publik pada prinsipnya berisikan dimensi sikap (Soft) dan dimensi teknis (Hard), dimensi sikap berurusan dengan bagaimana menggugah pengambil kebijakan untuk berinovasi, sedangkan dimensi teknis berurusan dengan penguasaan pengetahuan teknis yang dibutuhkan oleh suatu inovasi.

"Dari sini  diharapkan timbulnya tekat yang kuat dari OPD  untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam percepatan pembangunan daerah, dan pemahaman yang sama bagi semua OPD terhadap inovasi daerah dan peranan masing-masing dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat,"ucap Juhri.

Bimbingan teknis yang direncanakan selama empat hari tersebut mengambil tema "  Melalui inovasi daerah kita wujudkan peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran masyarakat dan peningkatan daya saing daerah diikuti oleh kepala OPD dan anggota Tim Laboratorium.

Hadir pada kegiatan itu Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, Sekdakab Labuhanbatu H.Muhamad Yusuf Siagian, Asisten, Staf Ahli, OPD, Kabag, Camat dan Staf Pemerintahan. (anditan)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan