Dunia

Lagi, Seorang Jurnalis Tewas Dipenggal

Foto ilustrasi Google.com

MEKSIKO (MR) - Seorang jurnalis ditemukan tewas dipenggal pada Rabu (9/9/2020) waktu setempat di daerah yang dilanda kekerasan di Meksiko Timur. Pembunuhan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian pembunuhan di salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi wartawan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Kamis (10/9), Hugo Gutierrez, menteri keamanan dan kepala polisi di negara bagian timur Veracruz, mengutuk "pembunuhan seperti pengecut" terhadap Julio Valdivia, yang bekerja untuk surat kabar El Mundo de Veracruz.

"Dalam koordinasi dengan Kejaksaan Agung negara bagian, kami akan menggunakan semua sumber daya untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Mayat Valdivia ditemukan beserta sepeda motornya di jalur kereta api di daerah pegunungan di kotamadya Tezonapa.

Dia adalah jurnalis kelima yang dibunuh di Meksiko tahun ini, menurut pengawas media Reporters Without Borders, yang mendesak pihak berwenang untuk menyelidiki apakah pria berusia 41 tahun itu dibunuh karena pekerjaannya.

Meksiko dinilai oleh pengawas media sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi jurnalis.

Lebih dari 100 jurnalis telah tewas dibunuh di Meksiko sejak tahun 2000, dengan hanya sebagian kecil dari kejahatan tersebut yang menghasilkan hukuman bagi pelakunya.

 

Bulan lalu, seorang pria dijatuhi hukuman 50 tahun penjara karena memerintahkan pembunuhan terhadap jurnalis terkemuka Miroslava Breach pada tahun 2017. (Detik.com) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan