FJPP

Sembuh dari Covid-19, Riski Berikan Tips dan Motivasi

Riski Kurniawan

DUMAI (MR) - Pejabat Kepala Bidang Alat Berat dan Laboratorium Dinas PUPR Dumai Riski Kurniawan Tri Sahputra (39) tak pernah menyangka bahwa dirinya akan terinfeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

Dari hasil swab yang dilakukan pada 25 September 2020 menyatakan dia terinfeksi virus SARS- CoV-2. Hal itu membuat dirinya syok dan kaget dengan hasil tersebut, karena selama ini dirinya selalu menjalankan protokol kesehatan.

Dia mengaku terpapar COVID-19 bukan bergejala atau berkontak dengan pasien positif, namun melakukan swab tes atas kemauan sendiri untuk mengetahui kondisi kesehatan dan menjaga keluarga.

Kemudian dia juga mengumumkan identitasnya di akun media sosial facebook sebagai pasien positif Covid-19. Karena menurutnya, positif corona bukan suatu aib yang harus disembunyikan.

"Berkat dukungan dari keluarga serta rekan-rekan sejawatnya yang saling memberikan support, saya pun bangkit untuk bisa melawan Covid-19 dengan melakukan isolasi mandiri," kata Riski kepada media ini, Rabu (7/10/20).

"Sadar bahwa penyakit itu hanya saya sendiri yang bisa lawan dengan cara menumbuhkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan Covid-19. Dan itu pun juga campur tangan dari Allah Subhanahu wa taala," tambahnya.

Selama menjalani isolasi di rumah, Riski melakukan aktivitas olahraga pagi, minum vitamin dan madu untuk meningkatkan imun tubuh, dan terpenting tidak stress, karena akan menurunkan imun tubuh.

"Saya berterimakasih support dan Doa dari kedua orang tua, anak dan istri, keluarga serta masyarakat Dumai serta Walikota Dumai," Ucapnya. 

Dia pun memberikan motivasi agar pasien COVID-19 lain tetap semangat, jauhi rasa stres, sedih, dan tingkatkan keimanan, terus berdoa meminta kepada Yang Kuasa agar dapat melewati cobaan ini.

"Kalau mau cepat sembuh kuncinya jangan stres. Kita harus tetap semangat melalui cobaan ini. Kemudian corona ini bukan aib dan kita tidak perlu malu, semua tidak ada yang menginginkan terpapar Covid-19," ucapnya.

Ia pun berpesan, agar masyarakat tidak perlu resah dan mengucilkan orang yang positif COVID-19, karena menurut dia, orang yang positif bukan sebuah aib sehingga harus dijauhi apalagi dikucilkan.

"Pesan saya agar masyarakat tidak mendiskriminasikan pasien. Pasien Covid-19 sangat butuh dukungan mental dan spiritual dari orang-orang terdekat. Jangan malah dijauhi. Kalau mental sudah down bisa memperparah keadaan," jelasnya.

Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Pemko Dumai itu mengimbau masyarakat untuk menerapkan gerakan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumuman untuk menekan angka penyebaran COVID-19. (MR/Red) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan