Daerah

Semarak Pembukaan MTQ Kepri 2020

TANJUNGPINANG (MR) - Pembukaan MTQ di Kepulauan Riau digelar pada Sabtu 19/09/2020, secara khusus, Wamenag Zainut Tauhid mengapresiasi masyarakat Kepri. 

Karena menurutnya ada banyak jejak para ulama budayawan yang lahir dari bumi Kepri ini. 

Di Tanjungpinang ini ada makam tokoh besar, Raja Haji Fisabilillah,  dan  Masjid Raya Sultan Di masjid ini, masih tersimpan kitab-kitab dan al-Qur’an hasil tulisan tangan, dan itu menjadi saksi betapa   jejaknya  saksi dakwah Islam di tanah Melayu kata nya 

Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto. MTQ dalam kata sambutannya mengatakan  kegiatan keagamaan ini  yang telah menjadi kebudayaan di Indonesia, termasuk Kepri.

"Tujuan diadakan  MTQ untuk menumbuh kembangkan minat baca Alquran masyarakat," ujarnya.

Isdianto juga mengatakan MTQ Kepri menyiapkan sejumlah hadiah bagi para pemenang seperti  Juara I mendapatkan hadiah Rp50 juta, juara II Rp40 juta, dan juara III mendapatkan Rp30 juta. 

MTQ Kepri melibatkan 15 Dewan Hakim Nasional dengan penilaian berbasis IT. Tujuannya, agar hasilnya mudah diakses masyarakat sehingga lebih transparan.

Di tengah pandemi Covid-19, MTQ VIII Kepri digelar dengan menerapkan protok kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau Dr. Tjetjep Yudiana melaporkan, panitia telah melakukan rapid test dan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk acara. 

Sebanyak  500 anggota TNI, Polri dan Satpol PP dilibatkan dalam acara ini. (Ruddi) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan