Dunia

Berkecepatan 24 Ribu Km per Jam, Rudal Nuklir Rusia Bisa Hancurkan Texas Dalam

MONITORRIAU.COM – Negara pemilik senjata nuklir terbesar Rusia, dilaporkan akan menguji coba rudal yang mampu melesat dengan kecepatan 24.000 kilometer per jam. Rudal yang bisa membawa hulu ledak nuklir itu bisa menghancurkan Texas, Amerika Serikat dalam sekejap.

Rudal yang diberi nama RS-28 Sarmat itu disiapkan untuk menggantikan R-36, senjata yang oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dijuluki 'Setan'.

Kremlin mengklaim, keunggulan rudal terbaru ini memiliki daya jelajah sekitar 10.000 kilometer dan dapat membawa 16 hulu ledak. Rudal ini mampu menghindari sistem pertahanan rudal apa pun sehingga Rusia menyebutnya sebagai senjata yang tak dapat dihentikan.

Saluran televisi Kementerian Pertahanan Rusia Zvezda menyebut, muatannya yang besar mampu menghancurkan area seluas Texas.

Laporan media Inggris The Times menyebut, perilisan RS-28 beberapa kali ditunda karena uji cobanya juga molor.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan, waktu pengujian rudal berhulu ledak nuklir tersebut sudah semakin dekat.

"Saya tegaskan, uji coba ejeksi rudal Sarmat selesai dengan hasil positif. Dalam waktu dekat kami akan melakukan uji terbang roket yang kompleks ini. Dari kemampuannya, tidak ada senjata rudal pertahanan, bahkan yang paling canggih sekalipun, dapat mencegatnya," ujarnya, dikutip dari The Sun, Minggu (3/1/2021).

Rudal yang akan ditempatkan di Siberia itu termasuk di antara serangkaian senjata baru yang diluncurkan Presiden Vladimir Putin pada 2018.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan