FJPP

20 Ribu Vaksin Sinovac Diprioritaskan Untuk SDM Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU (MR) - Vaksin sinovac yang mulai didistribusikan pemerintah pusat ke Riau diperkirakan tiba di Pekanbaru, pada Selasa pagi (5/1/2021).

Sebanyak 20 ribu dosis vaksin sinovac tersebut, nantinya terlebih dahulu akan disimpan di Instalasi Farmasi, dekat Rumah Sakit Tentara, Jalan Kesehatan, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

"Subuh diperkirakan tiba di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (4/1/21).

Namun, vaksin sinovac tersebut tidak serta merta langsung digunakan. Melainkan terlebih dahulu, wajib mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

EUA adalah, izin yang dikeluarkan untuk penggunaan metode atau produk medis tertentu. Izin ini digunakan untuk mendeteksi, mencegah, atau mengobati penyakit dalam keadaan darurat, dalam hal ini pandemi Covid-19.

Kemudian setelah itu vaksin baru didistribusikan, untuk digunakan. Namun, menurut Mimi, vaksin sinovac tahap pertama ini diprioritaskan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di lingkungan kesehatan.

Tidak hanya dokter, perawat atau bidan yang bekerja di fasilitas kesehatan pemerintah, swasta, TNI atau Polri. Tetapi termasuk sopir ambulan, cleaning service dan juga security yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Jadi tahap pertama Januari-April vaksin diprioritaskan untuk sumber daya manusia yang bekerja dalam fasilitas kesehatan. Apakah itu, tim medis, sucurity, cleaning service, sopir ambulan," tutup Mimi.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan