Lingkungan

Busuk dan Berserakan, TPS di Janur Kuning Perlu Dipindahkan

Pemandangan kumuh di TPS yang berada di Jalan Janur Kuning Dumai, Selasa (5/1/2021). Foto Vanche

DUMAI (MR) - Volume sampah yang terus meningkat di Tempat penampungan sementara (TPS) yang berada di Jalan Janur Kuning Kelurahan Jaya Mukti membuat pandangan yang tidak sedap. 

Apalagi bau busuk yang selalu tercium jika warga melintas di jalan tersebut dan sungguh mengganggu. Ditambah lagi sampah-sampah tersebut berserakan di jalan. 

TPS yang lokasinya berhadapan langsung dengan kantor Dinas Sosial Kota Dumai ini seolah dibiarkan dan tentunya tidak layak jalan Janur Kuning tersebut dijadikan TPS. 

"Keberadaan TPS ini memang tidak layak berada di tepi jalan besar, karena bau yang di timbulkan tidak sedap juga tidak layak di pandang mata," kata Agus, Ketua RT 14 Jayamukti, Selasa (5/1/2021). 

Agus meminta kepada pemerintah Kota Dumai atau yang berwenang memindahkan TPS ini ke tempat yang jauh dari pemukiman warga. 

Pernyataan Ketua RT 14 ini juga di dukung oleh Ketua Lembaga pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jayamukti, Supri. 

"Kami sudah pernah mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Dumai, untuk mencari solusi keberadaan TPS ini supaya tidak menggangu masyarakat," kata Supri.

Sementara itu, Lurah Jaya Mukti Zembrizon mengatakan pihaknya sudah merencanakan untuk memindahkan TPS tersebut.

"Tetapi karena belum mendapat lokasi yang tepat  makanya TPS ini belum dapat kami pindahkan. Kami akan bahas bersama LPMK dan RT yang ada untuk membahas TPS ini," ucap Zembrizon.

Ketika dimintai keterangannya, Fachruddimas yang menjabat sebagai Kabid Kebersihan di DLH Kota Dumai mengaku sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi membersihkan banyaknya jumlah sampah di lokasi itu. 

"Bahkan kami juga sering menurunkan anggota yang lebih ke TPS ini untuk membantu membuang sampahnya, tapi karena mobil yang dimiliki oleh DLH Kota Dumai tidak mencukupi, makanya hasilnya kurang maksimal," ungkapnya. 

"Setiap satu unit mobil melayani hampir empat sampai lima TPS yang ada di Kota Dumai. Jadi Mobil ini selalu berjalan mengangkut sampah sampah dari tiap tiap TPS yang ada," tutupnya. ***

 

Penulis: Vanche Sinaga




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan