Dunia

Pemko dan TP PKK Gelar Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2021

DUMAI (MR) – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2021 bertempat di Gedung Pendopo pada Selasa (23/3/2021).

“Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2021, merupakan momentum mendorong penetapan Tuberkolosis (TBC) sebagai isu prioritas pembangunan kesehatan Nasional serta harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor,” ujar Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi Salioso saat memberikan sambutan pada acara Peringatan HTBS dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-49 Tahun 2021.

Peringatan HTBS Tahun 2021 mengusung tema "Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa Dari Tuberkulosis".

Pencanangan gerakan bersama menuju eliminasi TBC diluncurkan pada 29 Januari 2020, tujuannya untuk mendorong target Eliminasi TBC tahun 2030. Dimana Presiden RI menyampaikan bahwa upaya penanggulangan TBC ini tidak hanya pada penanganan saja, tapi juga dimulai dari upaya pencegahan. Namun, upaya ini terhenti dan mengakibatkan turunnya persentase laporan infeksi TBC dari 70% menjadi 40% pada akhir tahun 2020.

Pada kesempatan ini, H Herdi Salioso meminta leading sector untuk terus terbuka melakukan sosialisasi, dan penanganan. Jangan sampai ada warga yang menderita TBC, namun tidak diketahui dan tidak dilaporkan dengan baik.

"Program (Temukan Obati Sampai Sembuh) TB yang telah dicanangkan Kementrian Kesehatan sejak April 2016, kami harapkan mampu menggerakkan masyarakat untuk turut serta menemukan kasus-kasus TB yang baru dilingkungan sekitar dan memantau pengobatan hingga tuntas," ucapnya.

Diakhir sambutannya, beliau menyambut baik kerjasama antara TP PKK Kota Dumai dengan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan pencanangan gerakan screening tuberkulosis massal bagi Pengurus TP PKK Sekota Dumai menuju Eliminasi Tuberkulosis tahun 2030.

"Semoga semakin terbangun kesadaran bersama tentang TBC serta upaya untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Dengan aksi TOSS TB menjadi dasar bahwa setiap pasien TBC, harus ditemukan dan diobati sampai sembuh agar penularannya dapat diberhentikan dan dapat ditekan," harapnya.

Hadir dalam kegiatan HTBS Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Dumai, Ketua DWP Kota Dumai, Kepala OPD terkait, Camat Sekota Dumai, Ketua TP PKK Kecamatan Sekota Dumai, Kepala Puskesmas Sekitarnya Dumai, dan Para Kader PKK.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan