Penting Vaksin Dalam Menekan Penyebaran Covid-19

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksin Massal di Riau

Presiden RI Jokowi didampingi Gubri Syamsuar saat meninjau langsung pelaksanaan vaksin massal di GOR Pekanbaru

PEKANBARU (MR) - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya vaksin dalam menekan penyebaran COVID-19 diseluruh Indonesia melalui program vaksinasi massal dan gotong royong. Sehingga ia pun berharap dengan adanya vaksinasi, Indonesia dapat segera mencapai kekebalan komunal.

Dalam peninjauan vaksinasi, Presiden Jokowi juga menaruh perhatian serius terhadap Provinsi Riau yang saat ini tengah mengalami peningkatan kasus COVID-19.

"Kita berharap Riau dapat segera mencapai kekebalan komunal dan kita berharap penyebaran COVID-19 di Riau bisa ditekan. Dapat lebih baik dan kembali normal di kuartal kedua," kata Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru, Rabu (19/5/2021).

Untuk itu, Jokowi pun telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) untuk mengirimkan jatah vaksin yang lebih banyak lagi.

Vaksin tersebut, imbuh Presiden Jokowi, akan diutamakan untuk Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Hal tersebut dikarenakan dua kota di Riau ini mempunyai angka kasus terkonfirmasi lebih tinggi. 

"Saya juga sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk mengirimkan vaksin yang lebih banyak ke Riau dan utamanya yang akan dipakai untuk vaksinasi di Kota Pekanbaru dan Dumai," kata Jokowi.

Dengan divaksin diharapkan dapat mencapai kekebalan komunal dan juga penyebaran Covid-19 di Riau bisa ditekan serendah-rendahnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan kota dan kabupaten yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif Covid-19 tinggi harus segera menekan agar kasus yang ada menjadi lebih sedikit. 

"Apabila pandemi Covid-19 bisa ditekan, kita berharap pertumbuhan ekonomi di Riau akan lebih baik dan kembali normal di kuartal ke-2," pungkasnya.

Diinformasikan, vaksinasi Covid-19 massal yang digelar hari ini berjumlah 10.800 orang terdiri dari lansia dan petugas publik. Dimana kegiatan vaksinasi dipusatkan di tiga lokasi, yaitu di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Jalan Jenderan Sudirman, Hotel Novotel dan Hotel Furaya. 

Dalam peninjauan tersebut, Presiden didampingi langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Listyo Sigit P, Gubernur Riau Syamsuar, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan unsur Forkopimda Provinsi Riau.

Presiden Berikan Semangat Masyarakat Yang Divaksin

Presiden RI Joko Widodo memberikan semangat secara langsung kepada masyarakat yang menerima vaksinasi secara massal pada Rabu (19/5/2021) di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Jalan Jenderan Sudirman, Pekanbaru, Riau. 

Bersama Gubernur Riau Syamsuar, Presiden Jokowi, memberikan arahan kepada masyarakat yang divaksin. Pentingnya vaksin dalam menekan penyebaran COVID-19, diseluruh Indonesia melalui program vaksinasi massal dan gotong royong. 

“Tadi pagi saya menyampaikan beberapa peringatan mengenai penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau. Saya menyampaikan tadi bahwa kota dan kabupaten yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif yang tinggi harus segera menekan penyebarluasan COVID-19 agar kasus-kasus yang ada menjadi lebih sedikit,” ujar Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan, pentingnya vaksinasi bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh atau herd imunity. Dengan peningkatan dan penambahan vaksin bagi Riau, diharapkan mampu menekan angka penyebaran COVID-19.

“Kita berharap semua Provinsi penyebaran COVID-19 bisa ditekan, untuk Provinsi Riau tentunya kita harapkan lebih baik, dan bisa ditekan di kuartal kedua. Untuk vaksinasi di Kota Pekanbaru hari ini kurang lebih 10.800 masyarakat,” tutup Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Riau, pada Rabu (19/5/2021). Adapun sejumlah agenda dalam kunker kali ini, diantaranya meninjau Tol Pekanbaru-Bangkinang dan pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Pekanbaru. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan