FJPP

Cegah Penularan Covid-19, Gubri Serahkan 50.000 Dosis Vaksin Untuk Dumai

Gubri H. Syamsuar didampingi Wali Kota Dumai H. Paisal meninjau langsunh pelaksanaan vaksin di Kelurahan Purnama

DUMAI (MR) - Dalam rangka mengurangi kasus terkonfirmasi positif corona virus disease (covid-19) di Provinsi Riau, khusunya Kota Dumai, Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar secara langsung menyerahkan 50.000 dosis vaksin.

Penyerahan puluhan ribu dosis vaksin tersebut langsung diterima Walikota Dumai H. Paisal disela - sela peninjauan vaksinasi yang disaksikan Gubri di salah satu Puskesmas yang berada di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat pada Minggu (23/5/2021).

Selain Vaksin Sinovac, Gubernur Riau juga menyerahkan 50 unit Oximeter, 10 unit Coolbox 5,5 liter, 2 Coolbox 2,2 liter, dan 70 pcs Ice Gel Pack.

Vaksinasi yang dilaksanakan dalam kesempatan ini diperuntukan untuk seluruh masyarakat 18 Tahun keatas dengan prioritas kepada Lansia, ASN di Instansi Vertikal, Lingkungan Pemerintah Kota Dumai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelayan Publik, RT, LPMK, Seluruh Guru, Pedagang dan Kader Posyandu.

Pemberian vaksin yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Purnama sudah sesuai prosedur dan berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya warga yang setelah di vaksin, mengalami efek yang tidak diinginkan.

Gubernur Riau H. Syamsuar mengatakan bahwa kedatangannya untuk mengecek persiapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 sekaligus upaya untuk menurunkan konfirmasi positif yang ada di Kota Dumai.

"Sesuai dengan intruksi Presiden sewaktu Kunjungan Kerja di Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru, Beliau memberikan pengarahan untuk kita semua baik kami maupun Forkopimda, Walikota, Bupati se Provinsi Riau, agar 2 minggu yang akan datang untuk menurunkan penularan Covid-19 seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau, waktu itu penekanan beliau terhadap kota-kota yang tinggi penularannya kasus positifnya antara lain Kota Pekanbaru dan Kota Dumai," bebernya.

Ia juga menyampaikan Presiden menginginkan untuk melaksanakan peningkatan tracking kepada pasien-pasien yang memiliki kontak erat dengan pasien yang positif.

"Tracking harus ditingkatkan dan ditambah, untuk itu diminta kerjasama kepada semua pihak untuk menggerakan ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Presiden RI," imbuhnya.

Sementara itu, dihadapan Gubri, Wali Kota Dumai H. Paisal memaparkan perkembangan covid-19 di Kota Dumai dan juga menjelaskan vaksinasi masal ini dibuka untuk umum yang akan dilaksanakan di 7 Kecamatan dan diseluruh Puskesmas yang ada di Kota Dumai serta beberapa Faskes lainnya.

"Pemko Dumai melaksanakan vaksinasi massal dan serentak pada seluruh Faskes Penyelenggara. Vaksinasi dimulai pada tanggal 23 Mei 2021 sampai 7 Juni 2021 dan akan terus dilanjutkan sesuai ketersediaan vaksin,"sebutnya.

H.Paisal juga telah mengintruksikan Camat dan Lurah untuk bersama-sama Puskesmas menjemput bola Calon Penerima Vaksin, khususnya Lansia dengan Memanfaatkan POSYANDU USILA yang ada di setiap Kecamatan.

"Tentunya harapan kita bersama vaksinasi dengan sistem jemput bola ini berjalan lancar dan cepat, sehingga aktivitas segera kembali berjalan normal dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan," tutupnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan