Lingkungan

Keluar dari Kawasan TNBT,

Orangutan di kawasan TNBT Indragiri Hulu

PEKANBARU (MR) - Orangutan yang bernama "Rocky" keluar dari kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), Rabu (30/06/2021).

Keluarnya "Rocky" dari kawasan TNBT viral di akun facebook dan instagram.

Lantas, bagaimana kronologinya?

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Fifin Arfiana Jogasara menyampaikan, pada tanggal 30 Juni 2021, Balai TNBT mendapatkan laporan dari masyarakat atas nama Rionaldi, warga Desa Aur Cina melalui petugas di Resort Lahai.

Peristiwa yang dilaporkan adalah, ditemukannya seekor individu orangutan yang masuk ke dalam kebun masyarakat, tepatnya di sekitar objek wisata Bukit Selancang Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu.

Orangutan tersebut memasuki areal objek wisata Bukit Selancang untuk mencari makanan. Karena berbadan besar (orangutan dewasa), masyarakat khawatir terhadap satwa ini.

"Untuk menghindari dampak kerusakan, masyarakat setempat melaporkan kepada pihak berwenang untuk dilakukan mitigasi," sebut Fifin Arfiana Jogasara sembari menyebutkan, keberadaan orangutan ini sudah diposting diakun facebook dan instagram @Selancanghill batangcenaku. 

Berdasarkan identifikasi foto, beber Fifin, Orangutan tersebut bernama “Rocky”. Orangutan jantan berusia 19 tahun ini merupakan orangutan hasil rehabilitasi di pusat reintroduksi orangutan yang dikelola oleh KLHK dan FZS (Mitra KLHK). Dimana sebelumnya, orangutan ini dipelihara manusia. Sehingga sifat alaminya berkurang. 

Setelah menjalani rehabilitasi, orangutan ini dilepasliarkan ke TNBT pada tanggal 16 Juni 2021 di Daerah Bukit Sabun Dusun Talang Tanjung Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu.   

Tim Balai Taman Nasional (TN) Bukit Tiga Puluh bersama-sama dengan Frankfurt Zoological Society (FZS), Kepolisian  Sektor Batang Cenaku, KPH Indragiri, Pemerintahan Desa Aur Cina dan beberapa relawan masih dalam proses  pencarian/penyisiran terhadap Orangutan “Rocky” yang sampai saat ini (Jam 18.35  WIB) belum ditemukan lagi di lokasi semula (Bukit Selancang).    

Dugaan sementara, "Rocky" kembali masuk ke dalam Kawasan TNBT. Tim tetap akan melakukan penyisiran  kawasan sampai “Rocky” dapat ditemukan kembali.    

Apabila dalam penyisiran "Rocky" ditemukan, maka akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kondisi kesehatannya. Jika dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan oleh Dokter Hewan yang turut serta dalam Tim, maka "Rocky" akan “Rilis” kembali di tempat yang lebih jauh ke dalam Kawasan TNBT. Namun apabila dinyatakan kurang/tidak  sehat akan dilakukan rehabilitasi dulu di Jambi. 

"Pada kesempatan ini, kami menghimbau kepada masyarakat agar dapat bersama-sama melindungi satwa liar ini. Dan apabila menemukan, agar segera diinformasikan kepada kami," pinta Fifin.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan