Daerah

Wako Pimpin Rapat Persiapan Pemulangan PMI Melalui Dumai

DUMAI (MR) – Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS memimpin Rapat Terbatas Persiapan Kota Dumai Sebagai Pintu Masuk Pekerja Migran Tahun 2021 bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Jalan Putri Tujuh. Sabtu (24/4/21).

Kegiatan ini merupakan langkah persiapan Pemerintah Kota Dumai bersama instansi vertikal terkait dalam rangka menyambut kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), namun masih menunggu kepastian dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat.

"Inshaallah Pemerintah Kota Dumai siap menerima kepulangan para PMI seperti yang disampaikan pada saat Rapat Kordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana di Provinsi Riau beberapa hari lalu." ungkapnya

H. Paisal mengatakan lebih kurang 5000 PMI yang akan pulang  melalui Kota Dumai. "Jika para pekerja migran telah tiba, para pekerja yang pulang dari berbagai negara itu nantinya akan dilakukan PCR Swab Test diawal ketibaan dan kepulangan nantinya. Para PMI juga akan dikarantina dahulu selama 5 hari di Kota Dumai. Baru lah para PMI boleh kembali ke daerahnya masing-masing." ucapnya.

Tentunya hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 dan penambahan cluster terbaru pasien positif.

Didalam rapat beliau juga mengatakan bahwa koordinasi yang baik seluruh instansi terkait harus terjalin agar pelaksanaan penyambutan PMI di Kota Dumai dapat berjalan dengan baik.

"Dalam rapat lanjutan pada Hari Senin, hasil diskusi dalam rapat ini seperti, teknis penyambutan, penambahan pemeriksaan PCR Swab, tempat karantina para pekerja migran, dan hal hal terkait lainnya minimal 90% sudah harus rampung. Jika Dumai sudah matang persiapannya, tinggal menunggu kepastian dari Pemprov Riau maupun Pusat." Ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Dumai, Plt. Asisten I, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Dumai, Instansi Vertikal, Perwakilan dari PT. Pelindo, Perwakilan dari Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Dumai.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan