Lifestyle & Entertainment

7 Manfaat Karbol untuk Sehari-Hari

Ilustrasi. Sumber foto: hellosehat.com

JAKARTA (MR) - Karbol merupakan jenis cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan. Disinfektan yang digunakan dalam cairan karbol berfunsi sebagai membunuh kuman yang berkembang biak pada area-area yang lembab. Selain digunakan sebagai pembersih lantai, karbol juga digunakan dalam membersihkan kamar mandi, kandang hewan, dan juga mengeluarkan bau yang tak sedap didalam ruangan. Sebagian masyarakat awam pada umumnya mengatakan bahwa karbol dan pembersih lantai merupakan satu jenis produk yang sama. 

Bahan utama pembuatan karbol  berasal dari sisa penyulingan dari getah pohon pinus atau sering dikenal dengan arpus. Arpus memiliki bentuk berupa bongkahan kuning kecoklatan. Namun, jenis karbol yang banyak kita temui dipasaran merupakan jenis arpus yang sudah melawati banyak proses produksi. Arpus yang digunakan sebagai bahan pembuatan karbol setelah mdngalami proses produksu memiliki bentuk berupa cairan berwarna putih pekat, coklat susu, atau berwarna kehijauan. Jika dibandingkan dengan pembersih lantai biasa, karbol memiliki aroma yang lebih tajam dan bau yang menyebagat di indra penciuman. 

Manfaat karbol diantaranya:

1. Pembersih kamar mandi, kendang hewan.

Untuk area yang memiliki suhu udara lembab seperti kamar mandi, dapur, kendang hewan yang juga menjadi tempat favorit bagi kuman. Selain menjadi sarang  bakteri dan kuman, juga menyebabkan munculnya bau tak sedap. Ketika mengalami permasalahn tersebut, kamu dapat menggunakan karbol untuk menetralisir bau yang taksedap tersebut. Jika bau diruangn tersebut terasa begitu menyengat kamu dapt menggunakan karbol tanpa campuran air untuk menetralisir aroma yang tak sedap tersebut. Kuman yang banyak menempel pada dinding kamar mandi dapat dibasmi dengan menggunakan karbol.

2. Memberishkan lantai kamar dan ruang tamu.

Untuk mengepel lantai area rumah bisa menggunakan karbol untuk membuat lantai menjadi lebih bersih dan memberi kenyamanan bagi anggota keluarga dalam beraktifitas dilantai. Agar penggunaan karbol yang diguakan pada area lantai rumah diterima anggota keluarga, kamu bisa menggunakan aroma karbol yang tidak terlalu menyengat menusuk hidung. Aroma karbol yang digunakan dapat berupa aroma hutan pinus/cemara, lemon, dan aroma serai. 

3. Mengusir serangga.

Jika kamu memiliki rumah yang berdekatan dengan area lading, got, atau berada diperumahan yang padat sehingga membuat serangga banyak berkeliaran, maka lantai rumah harus sering dibersihkan dengan karbol. Aroma karbol yang dikeluarakan dalam pembersih lantai memiliki kemampuan dalam mengusir serangga. Aroma karbol yang digunakan dapat mengusir serangga adalah aroma karbol yang mengandung minyak serai (citronella). 

Selain itu senyawa pembunuh kumat sangat berfungsi dalam menjaga prabot agar lebih tetap higienis, namun dengan batas yang wajar.

4. Ramah lingkungan

Selain sebagai cairan disinfektan, karbol juga mengandung banyak senyawa kimia. Dikarenakan senyawa kimia memiliki bau yang tidak sedap, maka dapat menggunakan karbol menggunakan bahan alami seperti minyak serai dan minyak pinusa yang lebih ramah lingkungan

5. Mengembalikan aroma ruangan

Selain sebagai pembersih lantai dan pengusir serangga, aroma yang dihasilkan dari karbol juga mampu dalam mengembalikan aroma ruangan agar menjadi fres Kembali.  Aroma yang tajam dan sangat menyengat yang dihasilkan karbol tersebut berfungsi dalam menghilangkan bau yang tak sedap di dalam ruangan

6. Membuat lantai menjadi kesat dan wangi

7. Pembersih bak cuci piring

Pada kenyataannya karbol dan pembersih lantai merupakan jenis yang berbeda. Pembersih lantai bermanfaat untuk membersihkan lantai, dan membuat lantai menjadi mengkilap. Sedangkan karbol memiliki manfaat lebih dari pembersih lantai. (*)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan