Nasional

Update 1 Januari 2022: Kasus Omicron di Indonesia Bertambah 68 Menjadi 136

Ilustrasi
MONITORRIAU.COM - Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia bertambah 68 orang. Sehingga total kasus yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan itu mencapai 136 orang.
 
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan, penambahan 68 kasus Omicron ini berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Dari 68 kasus baru, 11 di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).
 
"Semua kasus merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, dengan asal negara kedatangan paling banyak dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," kata Nadia melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/1).
 
Dia memaparkan, sebanyak 29 kasus Omicron tidak memiliki gejala. Sementara 29 kasus bergejala ringan, satu gejala sedang, dan sembilan tanpa keterangan.
 
Berdasarkan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Omicron diprediksi cepat menular. Karena itu, Nadia menyebut ada kemungkinan terjadi penambahan kasus Omicron sangat cepat.
 
Meski demikian, peningkatan kasus Omicron tidak diiringi dengan kenaikan penggunaan tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19. Risiko rawat inap akibat Omicron lebih rendah dibandingan varian Delta.
 
Nadia mengimbau masyarakat tetap harus waspada terhadap penularan Omicron, meskipun risiko rawat inap lebih rendah. Upaya pencegahan, pengendalian, serta mitigasi lainnya harus tetap berjalan.
 
Dia juga meminta masyarakat untuk menahan diri tidak bepergian ke negara-negara dengan transmisi penularan Omicron yang sangat tinggi.
 
"Jangan egois, harus bisa menahan diri untuk tidak bepergian dulu ke negara dengan transmisi penularan Covid-19 yang sangat tinggi seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Kita harus bekerja sama melindungi orang terdekat kita dari tertular Covid-19. Mari kita menahan diri," tegas Nadia.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan