Peristiwa

Terungkap Sosok Guru Ngaji yang Jenazahnya Utuh dan Harum meski 17 Tahun Dikubur

MONITORRIAU.COM- BEBERAPA waktu lalu viral jenazah masih utuh dan bahkan mengeluarkan aroma harum meski sudah 17 tahun dikubur. Mulai kain kafan, kulit daging, hingga kerangka jenazah tersebut ternyata masih menyatu. Hal itu diketahui ketika adanya pembongkaran dan pemindahan makan di Subang, Jawa Barat.

Dikutip dari akun TikTok Official iNews, Senin (17/1/2022), terungkap jenazah tersebut adalah sosok guru ngaji bernama Muhdia. Menurut penuturan warga dan penggali kubur setempat, ketika diangkat, jenazah Muhdia masih sangat utuh.

Selain itu, meski kulit jenazah cenderung kering, ternyata tidak menimbulkan bau busuk, justru tercium aroma harum. Padahal pada umumnya kondisi jenazah yang sudah dimakamkan belasan tahun sudah tinggal tulang-belulang.

"Masih utuh. Tangannya masih gini (bersedekap), masih keras, kulitnya masih ada. Cuma (kulitnya) kering, kayak (diberi) air keras," ujar penggali kubur bernama Ace Kosasih.

Makam tersebut memang sengaja dibongkar dan dipindahkan ke area lebih layak karena sebelumnya berada di dekat kandang ternak. Ini dianggap kurang tepat, sebab semasa hidupnya guru ngaji tersebut cukup dihormati oleh penduduk setempat.

Ternyata guru ngaji itu meninggal dunia setelah selesai Sholat Ashar di usia 65 tahun. Semasa hidupnya pun rajin beribadah, pribadinya baik, dan menjadi salah satu tokoh di kampung tersebut.

Salah satu muridnya, Ujang Adung, mengatakan semasa hidupnya guru ngajinya itu lebih banyak menghabiskan waktu di masjid. Bukan sekadar sholat, ia memilih mengabdikan hidupnya untuk mengajar ngaji kepada anak-anak.

"Ngajar ngaji anak-anak, dari generasi ke generasi dari mulai bapak saya sendiri, sampai saya sendiri pernah digurui ngaji sama almarhum," tuturnya.

Netizen yang mengetahui jenazah guru ngaji yang utuh itu, langsung memberikan beragam komentar. Hampir seluruhnya memuji dan kagum terhadap guru ngaji tersebut, sehingga jenazahnya yang sudah belasan tahun dikubur masih dalam keadaan utuh dan harum.

"Subhanallah makam orang saleh hingga Allah menjaganya, salah satu janji Allah lagi yang nyata," kata akun @salim****.

"Masya Allah jangan pernah remehkan guru ngaji, pahalanya ngalir in terus. Allahumma inni as'aluka Husnul khatimah, Aamiin," ungkap @Haura*****.

"Di dalam tanah dimuliakan, apalagi di surga. Masya Allah," terang @Fathi*****.

Wallahu a'lam bishawab.*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan