Lifestyle & Entertainment

"4 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Turunkan Darah Tinggi hingga Risiko Kanker!

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - JIKA selama ini Anda lebih sering menggunakan ubi jalar, maka tidak ada salahnya untuk mencoba ubi ungu. Dibandingkan ubi pada umumnya, ubi ungu memiliki warna yang lebih cantik sehingga tak hanya membuat rasa makanan jadi manis di lidah tapi juga manis dipandang.

Selain itu, ternyata ada banyak manfaat ubi ungu bagi kesehatan, lho! Berikut 4 manfaat kesehatan mengonsumsi ubi ungu dikutip dari Stylecraze, Rabu (26/1/2022)

1. Lancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus

Kandunga polifenol dalam ubi ungu melepaskan molekul aktif yang dapat meningkatkan kesehatan usus . Studi menunjukkan bahwa molekul ini dapat menghambat kanker saluran pencernaan dan usus besar.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam ubi ungu juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

2. Jaga fungsi hati

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2016 untuk mempelajari efek antosianin ubi ungu pada gangguan hati. Hasilnya mengungkapkan peningkatan aktivitas antioksidan pada subjek. Nutrisi tersebut dapat memperlambat penyerapan , metabolisme dan penyimpanan lemak di hati ."

3. Memiliki efek antikanker

Uji klinis menunjukkan bahwa ubi ungu dapat menekan pembentukan sel tumor. Tak hanya itu, ubi ungu juga membantu mengurangi ukuran tumor dan polip di usus , usus besar sekitar 50 persen.

Hal tersebut lantaran kandungan Antosianin yang dominan dalam ubi ungu diidentifikasi sebagai peonidin dan sianidin. Nutrisi ini menghambat pembelahan sel dan pertumbuhan sel kanker.

4. Turunkan tekanan darah (hipertensi)

Mengkonsumsi kentang dalam jumlah yang teratur dapat mengurangi kekakuan arteri yang timbul akibat akumulasi kolesterol dan penuaan . Oleh karena itu, ubi ungu tidak hanya dapat mengontrol hipertensi tetapi juga mencegah penyakit kardiovaskular.*** (Okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan