Lifestyle & Entertainment

Cara Kemas dan Simpan Hamper Cokelat Valentine, Tips dari Penjual

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Cokelat adalah hadiah yang umum diberikan saat perayaan Valentine

Ada banyak hamper cokelat Valentine, salah satunya diproduksi oleh produsen cokelat rumahan Hei Choko.

Pemilik sekaligus pengelola bisnis cokelat rumahan Hei Choko Hesti Widyo Asih mengatakan, ada dua aspek penting yang perlu diketahui saat mempersiapkan hamper cokelat untuk Valentine, seperti berikut:

Mengemas cokelat untuk hamper Valentine tidak jauh berbeda dengan cokelat pada umumya, tetapi yang menjadi perbedaan adalah bentuk kemasan hamper.

Hesti mengatakan kemasan hamper biasanya disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan oleh pembeli. 

Ada hamper yang dikemas seperti bunga mekar, dibentuk menjadi frame, atau ditaruh di dalam stoples.

Pengemasan cokelat harus benar supaya cokelat yang dikirim tidak rusak. Khusus hamper cokelat bar di Hei Choko, biasanya sebelum dibentuk menjadi hiasan, cokelat akan dilapisi aluminium foil terlebih dahulu.

Sementara untuk cokelat praline biasanya dilapisi dengan plastik bening supaya cokelat tidak menempel satu sama lain apabila terjadi perubahan suhu di perjalanan. 

Apabila khawatir cokelat akan rusak saat dikirim, sebaiknya kemas hamper di dalam kotak yang dilindungi bubble wrap supaya aman.

Hamper cokelat yang datang biasanya terdiri dari beragam jenis cokelat dan tak jarang cokelat datang dalam kondisi sudah empuk karena terkena suhu panas.

Hesti mengatakan apabila hal itu terjadi, kamu cukup menaruh cokelat sebentar di mesin pendingin untuk membekukan cokelat.

Setelah itu, keluarkan cokelat dari mesin pendingin dan taruh di suhu ruang.

"Kalau hamper cokelat, tidak disarankan menyimpannya di lemari pendingin, apalagi dicampur dengan banyak makanan," kata Hesti.

"Cokelat itu menyerap bau, kalau menyimpannya di dekat makanan seperti bakso, maka rasa dan baunya akan seperti bakso," katanya.

Menurut Hesti, cokelat bisa disimpan di suhu ruang dalam kondisi ditutupi aluminium foil dan tidak terkena panas matahari langsung. Cokelat yang disimpan dengan cara ini bisa tahan hingga 10 bulan.*** (KOMPAS.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan