Lifestyle & Entertainment

"Pengertian Kerja Sama, Ini Definisinya Menurut KBBI dan Para Ahli

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Pengertian kerja sama harus bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia adalah makhluk sosial artinya manusia membutuhkan kehadiran orang lain karena manusia tidak bisa hidup sendiri.

Oleh karena itu, manusia harus hidup berdampingan dengan manusia yang lain. Kerja sama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu supaya manusia dapat memenuhi kebutuhannya adalah dengan kerja sama. Kerjasama tidak dilakukan dalam hanya dalam satu bidang saja, namun kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.

Kerja sama dapat terjadi antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Sebelum mempelajari lebih jauh, apa itu arti kerja sama?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama adalah usaha bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dapat dilakukan di semua tempat baik itu di rumah, di sekolah, bahkan di lingkungan luar yang lainnya. Dikutip dari buku IPS, Buku Ajar SD Kelas 2."

Dikutip dari Modul 5, PPkn terbitan Kemendikbud, ada beberapa pengertian kerja sama menurut beberapa ahli,

1. Soerjono Soekanto (2006: 66), menyatakan kerja sama merupakan suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Pendapat tersebut sudah jelas mengatakan bahwa kerja sama merupakan bentuk hubungan antara beberapa pihak yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.

2. Basrowi (2005:145), kerja sama merupakan proses sosial dimana di dalamnya terdapat aktivitas tertentu yang ditujukan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami terhadap aktivitas masing-masing.

3. Pamudji, mengartikan kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melakukan interaksi antar individu yang melakukan kerja sama sehingga tercapai tujuan yang dinamis, ada tiga unsur yang terkandung dalam kerja sama yaitu orang yang melakukan kerja sama, adanya interaksi, serta adanya tujuan yang sama.

Berdasarkan pengertian kerja sama dari para ahli di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kerja sama adalah bentuk hubungan antara manusia yang satu dengan manusia lainnya yang saling berinteraksi dan saling menguntungkan untuk mencapai tujuan bersama.*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan