Lifestyle & Entertainment

Mengapa Anak Mudah Terserang Batuk Pilek di Tengah Pandemi?

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - GEJALA ketika seseorang terinfeksi Covid-19, umumnya mengalami batuk, pilek atau flu. Lantas mengapa anak mudah mengalami pilek atau Flu di tengah Covid-19?

Menurut Dokter Robert, alasan anak mudah mengalami batuk pilek atau flu karena masa usia anak-anak masih dalam proses perkembangan atau belum sempurna. Rasa ingin tahu mereka yang begitu besar terhadap hal baru, sulit bagi orangtua untuk membatasi kontak penularan Covid-19.

"Sifat keingintahuan seorang anak yang besar terhadap hal baru dan ketergantungan anak dengan orang lain membuat kita sulit membatasi kontak penularan," ujar Dr. Robert Soetandio, SpA, M.Si.Med, Spesialis Anak.

Selain itu, rasa ketergantungan anak terhadap orang lain dan lingkungan tidak bersih, dapat meningkatkan risiko anak-anak terkena flu (influenza) atau infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa bukan hanya lingkungan yang kurang bersih seperti banyak asap rokok, ventilasi yang buruk, tetapi nutrisi buruk juga dan imunisasi influenza kurang merata dapat menyebabkan anak mudah terserang batuk pilek.

"Lingkungan yang kurang mendukung asap rokok, ventilasi buruk, nutrisi kurang baik meningkatkan kejadian influenza. Pemberian imunisasi influenza yang kurang merata," jelas Dokter Robert.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) bahwa gejala flu berupa demam atau merasa demam/menggigil, batuk, sakit tenggorokan, pilek (hidung tersumbat), nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, dan kelelahan.

Sedangkan, gejala pilek biasanya lebih ringan dibandingkan gejala flu, orang dengan pilek lebih cenderung memiliki hidung berair atau tersumbat dan umumnya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius.*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan