Nasional

4 Istri Raja Majapahit Raden Wijaya, Gayatri Perekrut Gajah Mada

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Majapahit. Dia memerintah sejak 1293-1309 M. Sebelum mendirikan Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya pernah menjadi panglima perang di Kerajaan Singasari.

Menurut Negarakertagama, Raden Wijaya menikah dengan empat putri Raja Kertanegara, yaitu Tribhuwaneswari, Narendraduhita, Jayendradewi, serta Gayatri. Sedangkan menurut Pararaton, Raden Wijaya hanya menikahi dua putri Kertanegara. Berikut istri-istri Raden Wijaya :

Tribhuwaneswari

Tribhuwaneswari adalah putri sulung Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari. Tribhuwaneswari menikah dengan Raden Wijaya ketika Raden Wijaya menjabat sebagai panglima perang di Kerajaan Singasari. Tribhuwaneswari bergelar Sri Prameswari Dyah Dewi Tribuaneswari.

Narendraduhita

Narendraduhita merupakan anak ketiga dari Kertanegara, Raja Singasari. Narendraduhita bergelar Sri Mahadewi Dyah Dewi Narendraduhita. Dari pernikahan ini, Narendraduhita dan Raden Wijaya tidak mempunyai keturunan."

Jayendradewi

Jayendradewi juga anak Raja Kertanegara. Jayendradewi bergelar Sri Jayendradewi Dyah Dewi Prajnaparamita. Diketahui, Jayendradewi merupakan istri yang setia. Selama menikah dengan Raden Wijaya, mereka tidak dikarunia keturunan.

Gayatri

Gayatri adalah putri bungsu Raja Kertanegara. Gayatri bergelar Sri Rajendradewi Dyah Dewi Gayatri. Pernikahan Gayatri dan Raden Wijaya membuahkan tiga orang anak. Mereka adalah Tribhuwana Tunggadewi, Bhre Kahuripan, dan Rajadewi Maharajasa.

Namun menurut Negarakertagama, Gayatri hanya memiliki dua orang putri, yaitu Tribhuwana Wijayatunggadewi dan Dyah Wiyat. Menurut Prof Paul Drake dalam bukunya yang berjudul Gayatri Rajapatni, Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit, Gayatri merupakan seorang perempuan yang menjadi pemikir dan dalang sejumlah peristiwa, termasuk perekrutan Mahapatih Gajah Mada. (Tika Vidya Utami/Litbang MPI)*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan