Nasional

Instruksi Lengkap Jokowi pada 2 Pemimpin Otorita IKN Nusantara

MONITORRIAU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoesebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Keduanya dilantik sebagai pemimpin IKN Nusantara pada Kamis, (10/3/2022), siang tadi.

Presiden sempat menyampaikan sejumlah arahan dan instruksi kepada Bambang dan Dhony soal pembangunan IKN Nusantara. Utamanya, yang dibahas Presiden yakni berkaitan dengan masalah pertanahan dan kelembagaan.

Dalam arahannya, Presiden menginstruksikan jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk segera menyelesaikan status kepemilikan tanah di kawasan IKN Nusantara.

“Kemudian juga identifikasi dan verifikasi tanah yang mungkin masih dimiliki atau dikuasai oleh perusahaan maupun oleh masyarakat," ujar Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

"Kita harus memastikan juga bahwa pengadaan tanah di kawasan Ibu Kota Nusantara ini hanya dapat dialihkan kepada instansi yang memerlukan tanah untuk pembangunan IKN," sambungnya.

Selanjutnya, Presiden juga menekankan kepada kementerian terkait untuk tidak hanya memperketat, tetapi juga menghentikan penerbitan dan pengalihan hak atas tanah di wilayah IKN. Jokowi meminta Menteri ATR/BPN untuk melakukan konsolidasi, baik mengenai kepemilikan maupun penggunaan tanah di IKN.

"Berkaitan dengan rencana tata ruang di kawasan IKN agar ini bisa segera mempercepat pelepasan kawasan hutan di wilayah IKN utamanya yang berada di kawasan milik pemerintahan," terangnya.

Selain itu, kepala negara juga menginstruksikan jajarannya untuk segera menyelesaikan pembentukan peraturan perundang-undangan yang merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) IKN. "Ini juga segera diselesaikan. Kita harapkan di bulan Maret ini kalau bisa sudah selesai," ujarnya.*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan