Ciptakan Kamtibmas

Satlantas Polres Dumai Amankan 35 Kendaraan Balap Liar

Kasatlantas Polres Dumai AKP Akira saat melakukan tilang terhadap kendaraan balap liar

DUMAI (MR) - Untuk memastikan dan menciptakan situasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Dumai, serta mencegah terjadinya balap liar yang bisa memakan korban,  Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Dumai, terus mengintensifkan kegiatan patroli blue light.

Bahkan, tepat pada Sabtu (26/3/2022) Malam, hingga Minggu (27/3/2022) dini hari atau sekitar pukul 03.00 WIB, ‎saat Satlantas Polres Dumai, malakukan patroli blue light, titik -titik yang sering dijadikan ajang balap liar, terlihat para pengendara yang diduga akan melakukan aksi balap liar, sampai Kocar Kacir ketika melihat patroli blue light menghampiri mereka.

Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria mengungkapkan, untuk meciptakan Kamtibmas serta mencegah terjadinya balap liar di kawasan Dumai, pihaknya telah melakukan  patroli blue light pada Sabtu malam atau  hingga Minggu Dini hari.

"Patroli blue light dibagi menjadi empat tim, yang mana empat tim ini melakukan patroli di titik titik yang sering dijadikan oleh para anak muda untuk balap liar, " katanya, Minggu  (27/3/2022).

AKP Akira menambahkan, patroli blue light yang dengan rute acak menggunakan roda empat patroli Dinas Lalulintas, sebagai langkah pencegahan sekaligus penindakan para pelaku balap liar. ‎

"Untuk kegiatan patroli ini sendiri akan kami utamakan di daerah rawan terjadinya kejahatan C3 dan balap liar di wilayah hukum Polres Dumai seperti jalan Putri Tujuh dan Jalan Bahtera, Kelurahan Purnama. Sejumlah Jalan Protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan Sultan Syarif Kasim dan Jalan Soe Brantas juga menjadi titik patroli tim kita dilapangan, " imbuhnya.  

AKP Ceria mengaku, saat pihaknya malakukan patroli blue light, titik -titik yang sering dijadikan ajang balap liar, pihaknya melihat  pengendara yang diduga akan melakukan aksi balap liar, langsung berlarian dengan motornya termasuk para penonton, yang  Kocar Kacir ketika melihat patroli blue light menghampiri mereka.

Tidak hanya disatu tempat, tambahnya, patroli blue light terus dilakukan di berbagai tempat, sehingga pelaku balap liar tidak mendapatkan tempat untuk balap liar.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari patroli Blue Light yang dilaksanakan ‎pada Sabtu (26/3/2022) Malam, hingga Minggu (27/3/2022) dini hari, pihaknya berhasil menilang puluhan kendaraan yang diduga akan dijadikan sebagai kendaraan balap liar.

"Ada sekitar 35 kendaraan yang kita lakukan tilang, dan knalpot kendaraan yang kita tilang, semua nya knalpot tidak standar atau knalpot racing," terangnya.

Diakuinya,  kendaraan yang berhasil diamankan dilakukan penilangan  satu  bulan, sedangkan knalpot racing akan pihaknya musnahkan dengan cara digiling menggunakan alat berat.

"Kami tegaskan kami akan tindak tegas pelaku balap liar, dan kami meminta kepada para orang tua untuk bisa menjaga anaknya dan melarang anaknya untuk tidak ikut atau menonton balap liar, " pungkasnya




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan