Lifestyle & Entertainment

Buka Puasa Bersama Ramadhan 2022, Restoran Tak Harus Mahal, Ini Tipsnya

Foto ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Ramadhan 2022 yang bertepatan dengan 1443 Hijriah telah dimulai pada hari ini, Minggu (3/4/2022) berdasarkan hasil sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama. 

Salah satu tradisi Ramadhan di Indonesia adalah buka puasa bersama (bukber) dengan teman atau keluarga. Biasanya, agenda bukber mulai dilakukan pada pekan kedua hingga akhir Ramadhan. 

Namun demikian, persiapan bukber sudah jauh-jauh hari dilakukan oleh masyarakat. Berikut tips mempersiapkan bukber pada Ramadhan 2022 agar acaramu berjalan lancar:

1. Bukber untuk ajang silaturahim

Sebelum menggelar bukber, hal utama yang perlu diingat adalah esensi acara ini adalah untuk menjalin tali persaudaraan, atau silaturahmi. 

Jadi, bukber bukanlah ajang pamer di hadapan keluarga atau teman. Sebaiknya, acara bukber dijadikan momentum untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan. 

Lebih baik lagi, apabila dari kegiatan bukber ini kita bisa menambah teman baru sehingga memperkuat tali silaturahmi. 

2. Rencanakan seminggu sebelum hari H

Rencanakan bukber jauh-jauh hari. Berdasarkan informasi dari situs zakat.or.id, seminggu sebelum hari H merupakan waktu ideal untuk merencanakan bukber.

Jika terlalu mendadak, beberapa orang bisa berhalangan hadir karena sudah lebih dulu memiliki agenda lain.  

Sebaliknya, jika terlalu lama dari hari -H, sejumlah orang bisa saja lupa dengan jadwal yang sudah ditentukan.

3. Pilih lokasi strategis 

Masih dari sumber yang sama, pilih lokasi bukber yang strategis bagi semua tamu. Utamanya, jika rumah anggota bukber saling berjauhan, maka sebaiknya pilih lokasi paling strategis. 

Tempat ideal untuk bukber adalah restoran atau kafe yang dapat diakses dengan mudah oleh semua anggota keluarga atau teman. 

4. Restoran tak perlu mahal 

Pilihan lokasi menjadi salah satu hal yang paling menentukan untuk kelancara bukber. Kita tidak perlu memilih restoran mahal untuk tradisi Ramadhan ini. 

Sebab, setiap anggota bukber biasanya membayar iuran jumlah tertentu. Sementara, kita tidak mengetahui secara pasti kondisi keuangan orang lain. Oleh karena itu, pilihlah tempat bukber harga makanan yang terjangkau. 

Namun demikian, jangan kesampingkan faktor kenyamanan. Selain itu, lokasi bukber sebaiknya disesuaikan dengan para tamu. 

Misalnya, ada anggota bukber yang membawa anak kecil, maka sebaiknya pilih restoran atau kafe yang ramah untuk anak-anak. 

5. Atur daftar tamu 

Mengutip dari Kompas.com, salah satu tugas tersulit dalam merencanakan bukber adalah membuat daftar tamu. Fungsinya adalah untuk mengetahui jumlah orang yang akan datang sehingga kita bisa melakukan reservasi restoran. 

Jika ingin menciptakan bukber yang lebih intim, maka batasi tamu yang hadir hanya orang terdekat. Namun, jika ingin suasana bukber yang meriah, kamu bisa mengundang semua anggota  keluarga.   

Setelah memutuskan daftar tamu, jangan lupa untuk kirimkan undangan disertai dengan detail waktu acara, lokasi, dresscode (jika ada), dan lainnya. 

6. Pesan dan pilih menu

Setelah menentukan restoran atau kafe, serta tamu undangan, segera lakukan reservasi pada hari dan jam yang telah ditentukan. Proses reservasi bisa dilakukan melalui telepon, chat admin restoran, maupun datang langsung ke lokasi restoran. 

Selain itu, kamu bisa langsung memesan menu yang diinginkan untuk bukber. Jadi, saat hari H semua anggota bukber tidak lama menunggu makanan dan minuman datang karena sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Saat ini, banyak restoran dan kafe yang telah menyediakan paket bukber yang bisa menjadi alternatif. Jangan lupa, koordinasikan lebih dulu pilihan menu bersama dengan anggota bukber lainnya. 

7. Jalin komunikasi 

Setelah semua persiapan dilakukan, jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi dengan anggota grup. 

Dengan demikian, semua tamu undangan bukber tidak lupa dengan agenda yang sudah dijadwalkan. 

Untuk memudahkan komunikasi antar anggota bukber, kamu bisa membuat grup WhatsApp maupun Telegram. 

8. Jangan datang terlambat 

Upayakan datang tepat waktu pada hari -H bukber berlangsung. Terlebih, jika bukber diadakan dengan serangkaian acara. 

Sekali lagi, esensi bukber adalah menjalin silaturahmi. Jadi, ketika kamu datang tepat waktu kamu memiliki lebih banyak waktu untuk saling menyapa dengan sanak saudara maupun teman. 

Selain itu, acara bukber hanya diadakan setahun sekali. Jangan sampai kamu meninggalkan kenangan buruk hanya karena datang terlambat sehingga acara ikut molor. 

9. Patuhi protokol kesehatan

Meski buka puasa bersama kembali diperbolehkan pada bulan Ramadhan tahun 2022, pandemi masih melanda.

Oleh karena itu, peserta buka bersama wajib mematuhi protokol kesehatan dan aturan pemerintah, seperti memakai masker.

Bisa jadi akan ada petugas yang berpatroli untuk memastikan kepatuhan pengunjung restoran terhadap protokol kesehatan. (Red/Kompas.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan