Hukrim

TNI AL Tangkap Kapal Tongkang Selundupkan Minyak Kelapa Sawit di Bengkalis

Kapal TNI AL saat mengamankan Kapal Tongkang pembawa minyak kelapa sawit. (HANDANA)

BENGKALIS (MR) – Selundupkan minyak sawit ke Negara tetangga Negeri Jiran Malaysia pakai Kapal Tongkang 10 orang pria diamankan Tentara Negara Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) diperairan Utara Pulau Bengkalis, Provinsi Riau.

Kapal Tongkang yang menyeludupkan Palm Acid Oil atau minyak sawit kotor tersebut berhasil diamankan oleh TNI AL pada hari  Minggu, 4 April sekitar pukul 14.00 WIB saat itu menggunakan bendera Malaysia.

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah saat dikonfirmasi menyebutkam kapal tunda TB Ever Sunrise dan tongkang TK Ever Carrier awalnya memuat minyak sawit dari Dumai menuju Malaysia. Namun mereka berangkat tanpa dilengkapi dokumen yang sah dan sudah kadaluarsa.

"KRI Sigurot-864 yang sedang patroli di perairan Selat Malaka langsung melakukan pengejaran dan penangkapan, ditemukan tanda-tanda kapal berada di Perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau," kata Arsyad dalam keterangan tertulis diterima monitorriau.com Rabu (13/4).

Ditambahkannya, Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati kapal tunda TB Ever Sunrise sedang menarik tongkang TK Ever Carrier. Petugas juga mendapati enam WNI dan empat WNI di kapal itu.

"Beberapa dokumen yang tidak ada yakni nota pelayanan ekspor, dokumen pemberitahuan ekspor barang dan ijin bongkar muat barang khusus berbahaya. Sementara surat persetujuan keagenan kapal asing dan sertifikat anti-fouling internasional telah kadaluarsa," terangnya.

Dalam kapal tersebut, diutarakannya, petugas menemukan 1.799,956 MT Palm Acid Oil atau minyak sawit kotor yang akan diselundupkan para pelaku dari Riau.

"Saat ini, 10 ABK yang diamankan itu sudah diserahkan ke Lanal Dumai untuk dilakukan penyelidikan maupun proses hukum lebih lanjut," pungkasnya. (HANDANA) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan