Lifestyle & Entertainment

5 Negara Penggila Tempe Selain Indonesia, Jadi Makanan Favorit

Ilustrasi

MONITORRIAU.COM - ADA 5 negara penggila tempe. Ya, tempe memang makanan kaya protein yang berasal dari Indonesia. Makanan yang terbuat dari kedelai ini ternyata tidak hanya digemari di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Tak heran bila kelezatan tempe bisa sampai mendunia. Warga negara-negara ini saat pertama kali menikmati, mereka langsung menyukainya. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun mendukung tempe agar dikenal dunia.

“Tempe ini akan menjadi bagian gastrodiplomasi, yakni diplomasi berbasis makanan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Lalu negera mana saja yang menyukai tempe, makanan asli khas Indonesia ini? Berikut di antaranya.

1. Jepang

Jepang menjadi satu negara di Asia yang sangat disukai tempe. Salah satu YouTuber, Jerome Polin mengenalkan tempe kepada teman-teman kuliahnya yaitu Yusuke, Otsuka, dan Tomo.

Jerome menjelaskan, bahwa tempe adalah makanan dari kacang kedelai yang difermentasi. Hampir sama dengan natto. Akan tetapi tempe rasanya jauh lebih lembut dan gurih, dibandingkan natto.

Jika di Indonesia harga tempe masih relatif terjangkau, maka di Jepang sendiri harganya bisa tiga kali lipat. Untuk potongan kecil tempe yang seukuran 100 gram, dibanderol dengan harga mencapai 350 Yen atau sebesar Rp45 ribu.

Penjual tempe di Jepang pun relatif langka. Tapi biasanya dijual di supermarket Asia yang juga menjual makanan-makanan Indonesia lainnya.

2. Inggris

Selanjutnya adalah Inggris jadi negara yang sangat menyukai tempe. Seorang peneliti tempe dari Negeri Ratu Elizabeth bernama Jonathan Agranoff menyebut, bahwa makanan ini merupakan sajian yang sangat mahal dan langka di Inggris.

Sangking cintanya, ia rela untuk belajar tempe secara khusus langsung ke Indonesia. Agranoff menyebut bahwa harga satu porsi tempe dihargai USD20 atau sekitar Rp287 ribu.

Kelezatan tempe serta kandungan nilai gizi di dalamnya, kemudian bahan baku pembuatan tempe yang sulit yaitu kedelai adalah faktor yang membuat harga tempe di Inggris setara dengan makanan mewah itu.

3. Arab Saudi

Lalu ada Arab Saudi, di mana tempe menjadi salah satu makanan favorit di negara tersebut. Dikarenakan banyaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang ke Timur Tengah, maka secara otomatis tempe juga dikenal di sana.

Dikutip dari saluran YouTube Maulaa HR, ia secara khusus mengunjungi supermarket yang menjual aneka makanan khas Indonesia, di mana satu papan tempe berukuran kecil dibanderol dengan harga Rp50.400, atau 10 kali lipat dari harga tempe pada umumnya di tanah air."

4. Amerika Serikat

Negara yang dijuluki dengan sebutan Paman Sam ini merupakan wilayah yang cukup banyak menghasilkan restoran junk food. Meski demikian, ternyata tempe juga diterima oleh lidah orang Amerika Serikat itu.

Salah seorang pelajar Indonesia bernama Tatjana Safira mengatakan, bahwa harga tempe di Amerika Serikat yang membuat ia melongo, karena berkali-kali lipat dari Indonesia.

Tempe sebesar 226 gram atau kurang lebih 2 potong papan dihargai setara USD 26 atau sekitar Rp400 ribu. Hal itulah yang membuat dirinya sampai bercanda untuk ingin menjadi juri tempe di Amerika Serikat.

5. Singapura

Masih bertetangga dengan Indonesia, warga Singapura juga jadi negara yang menyukai tempe. Hal ini juga dikarenakan banyaknya WNI yang datang ke Singapura, baik yang tengah melanjutkan sekolah, urusan dalam pekerjaan atau tinggal di sana.

Harga tempe di Negeri Singa mencapai lebih dari 2 kali lipat dari nilai jual di Indonesia lho yakni mencapai Rp21 ribu per potongnya.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan