Nasional

Kemenkes Ungkap Gejala Terbanyak pada Kasus Diduga Hepatitis Akut

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengungkapkan gejala yang dialami 18 pasien yang diduga mengalami hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Ia mengatakan, 13 dari 18 pasien mengalami demam, 10 orang di antaranya mual, 9 orang di antaranya muntah, 9 orang lainnya mengeluhkan hilang nafsu makan.

Malaise (lemah nyeri/lesu) (8), bagian bagian (7), Artalgia (5), kulit ikterik (4), gatal (2), urin seperti teh (1), perubahan warna feses (1), sesak napas tidak dalam penyakit ini," kata Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (13/5/2022).

Syahril mengatakan, 18 kasus tersebut terdeteksi di tujuh provinsi yaitu Sumatera Barat (1), Sumatera Utara (1), Kepulauan Bangka Belitung (1), DKI Jakarta (12), Jawa Barat (1), Jawa Timur (1), dan Kalimantan. . Timur (1).

"Dari 18 kasus itu, ada sembilan yang laki-laki, perempuan delapan dan satu lagi dalam proses pengungkit," ujarnya.

Syahril mengatakan, 18 kasus tersebut terdiri dari sembilan kasus yang membuat klasifikasinya, tujuh kasus yang disingkirkan/dibuang, satu kasus kemungkinan dan satu kasus dalam proses pengungkit.

Ia menjelaskan, tujuh kasus kasus yang disingkirkan dari Hepatitis Akut diketahui karena diketahui Hepatitis A, Hepatitis B, Tifoid, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan usia di atas 16 tahun.

"Kemudian dari 18 kasus ini, pasien yang meninggal tujuh orang dan hidup 11 orang," ujarnya.

Lebih lanjut, Syahril mengatakan, dari segi usia usia didominasi anak usia 5-9 tahun sebanyak 6 orang, usia 10-14 tahun sebanyak 4 orang, usia 0-4 tahun sebanyak 4 orang dan usia 15-20 tahun sebanyak 4 orang."* ** (KOMPAS.com) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan