Lifestyle & Entertainment

5 Fakta Terbaru Hepatitis Misterius di Indonesia, Simak Yuk!

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - KEMENTERIAN Kesehatan mengupdate data hepatitis secara misterius per Jumat, 13 Mei 2022. Data terbaru mengungkapkan jumlah pasien hingga kondisi terkini.

Dijelaskan Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril, Indonesia sampai saat ini masih bisa mengantisipasi kasus hepatitis secara misterius. Rumah sakit pun dipastikan mampu menangani pasien dengan keluhan hepatitis secara misterius.

"Rumah sakit kami siap dan mampu menangani pasien hepatitis secara misterius. Kasusnya sendiri memang mulai banyak dilaporkan, tapi sampai sekarang baru 1 dinyatakan kemungkinan," papar dr Syahril dalam paparan virtualnya pada awak media.

Berikut ini 5 fakta hepatitis terbaru secara misterius di Indonesia.

1. Jumlah kasus terkini

Jumlah pasien yang bergejala hepatitis secara misterius sebanyak 18 orang dengan rincian 1 pasien kemungkinan, 9 pasien menunggu klasifikasi, 7 pasien dibuang, dan 1 pasien sedang menunggu hasil PE.

"Status dibuang pada 7 pasien itu detailnya 1 pasien hepatitis A reaktif, 1 pasien hepatitis B reaktif, 1 tifoid positif, 2 DBD positif, dan 2 pasien berusia di atas 16 tahun," kata dr Syahril.

2. Pasien paling banyak berasal dari DKI Jakarta

Bicara soal sebaran kasus dari lokasi, DKI Jakarta melaporkan kasus hepatitis terbanyak dengan 12 kasus. Selanjutnya datang dari Sumatera Utara (1), Sumatera Barat (1), Kepulauan Bangka Belitung (1), Jawa Barat (1), Jawa Timur (1), dan Kalimantan Timur.

3. 7 pasien dinyatakan meninggal dunia

Dokter Syahril pun menjelaskan tentang kasus kematian yang terlupakan secara misterius. Total kematian akibat penyakit yang belum diketahui sebanyak 7 kasus.

"Hampir semuanya datang ke rumah sakit dengan kondisi yang sudah sangat serius, sehingga pertolongan yang diberikan rumah sakit tidak bisa maksimal. Pasien yang datang dengan kejang hingga hilang kesadaran," jelasnya.

4. dan Usia Jenis kelamin paling banyak

Kemenkes juga menemukan data bahwa usia 5-9 tahun menjadi usia paling banyak dilaporkan. Sementara itu, kasus di usia 0-4 tahun ada 4 orang, usia 10-14 ada 4 pasien, dan 15-20 tahun ada 4 pasien.

Bicara soal jenis kelamin, laki-laki mendominasi kasus hepatitis dengan 9 kasus. Pasien perempuan tercatat 8 kasus, dan ada 1 kasus masih dalam pengungkit.

5. Demam jadi gejala paling tinggi dilaporkan

Kementerian Kesehatan juga mencatat tentang gejala yang dilaporkan pasien hepatitis secara misterius, didapat bahwa demam jadi gejala paling banyak dikeluhkan pasien.

1. Demam (72,2%)

2. Mual (55,6%)

3. Muntah (50%)

4. Hilang nafsu makan (50%)

5. Diare akut (44,45)

6. Malaise atau Letargi (44,4%)

7. Nyeri bagian perut (38,9%)

8. Artralgia atau Mialgia (27,8%)

9. Sklera atau kulit ikterik (22,2%)

10. Gatal (11,1%)

11. Urine seperti teh (5,6%)

12. perubahan warna feses (5,6%)

13. Sesak napas (0%).*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan