Lifestyle & Entertainment

5 Cara Mencegah Asam Lambung Melalui Gaya Hidup, Dicoba Yuk!

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - SAAT asam lambung naik rasanya mual dan muntah ya. Pasti rasanya sangat menyiksa.

Nah, agar Anda terhindari dari penyakit asam lambung, maka perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Lima gaya hidup itu didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Harvard dan dinamakan sebagai gaya hidup anti asam lambung.

Penelitian itu dilakukan lebih dari 12 tahun lamanya dan berasal dari 40.000 perawat yang telah membantu penanganan asam lambung. Lalu bagaimana caranya mencegah asam lambung naik?

1. Menjaga berat badan

Dalam penelitian medis yang dipimpin oleh Doktor Jesper Lagergren dari Institut Karolinska di Stockholm terdapat 22 persen penderita GERD mengalami obesitas.

Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan perolehan 14 persen orang yang tidak obesitas.

Setelah makan otot di perut mulai berkontraksi dan kerongkongan pun terbuka untuk membuka jalur makanan menuju perut.

Seharusnya pada orang yang memiliki berat badan yang ideal, jalur tersebut kembali tertutup seusai makan masuk ke dalam saluran pencernaan.

Namun pada kasus obesitas, perut yang memiliki ukuran berlebih menyusahkan saluran pencernaan di antara kerongkongan dan lambung lebih sulit tertutup sehingga asam lambung lebih mudah meraih jalur kerongkongan.

Maka dari itu bagi anda yang terbilang obesitas ada baiknya mengolah tubuh sehingga bisa mencapai kembali berat badan ideal dan saluran pencernaan bisa kembali bergerak optimal

2. Tidak merokok

Dalam penelitian Doktor Lagergren didapatkan fakta bahwa kandungan tembakau di dalam rokok dapat memperlambat makanan yang asam untuk meninggalkan kerongkongan.

Dari analisis 30 kasus, ada 20 persen penderita asam lambung yang merokok dan jumlahnya lebih banyak daripada penderita asam lambung yang tidak merokok.

3. Olahraga

Penderita GERD juga disarankan untuk melakukan kegiatan fisik yang cukup aktif setidaknya 30 menit agar bisa meringankan gejala GERD.

Penelitian dari tim Harvard menunjukan aktivitas fisik itu dapat membantu metabolisme tubuh bekerja dengan lebih baik dan optimal sehingga asam lambung yang ada di perut bisa bekerja dengan normal.

4. Tinggalkan kopi, teh, dan soda

Selain rokok, penderita asam lambung tidak disarankan untuk meminum kopi, teh, maupun soda secara rutin.

Jika anda masih ingin, perlu diingat anda tidak boleh berlebihan mengonsumsi kopi, teh, dan soda cukup dua gelas sehari.

5. Ikuti diet sehat seimbang

Diet sehat dan seimbang artinya mengatur pola makan lebih banyak bertumpu pada sayuran dan buah- buahan.

Protein menjadi sumber utama seperti ikan, ayam, gandum utuh, dan konsumsi daging merah lebih sedikit sehingga bisa menekan produksi asam lambung yang berlebih.

Pola mengunyah juga perlu diperhatikan, dokter Shriram Nene yang merupakan ahli bedah toraks dan kardivaskular menjelaskan dengan gerakan mengunyah yang baik maka makanan tercerna dengan sempurna dan lambung bekerja tidak berlebihan.

Saat lambung bekerja sesuai porsinya, maka asam lambung anda dipastikan tidak akan naik dan membuat anda bisa lebih tenang beraktivitas."*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan