Lifestyle & Entertainment

Main Gadget Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Faktanya

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - BANYAK orang beranggapan main gadget sebelum tidur akan membuat lebih cepat mengantuk dan tertidur. Apakah benar demikian? Berikut ini fakta sebenarnya.

Seperti dilansir dari unggahan akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Minggu (22/5/2022), faktanya sebenarnya adalah main gadget sebelum tidur justru membuat sulit tidur.

Pasalnya, pancaran blue light yang dipaparkan layar gadget dapat menurunkan produksi hormon melatonin (hormon yang yang membuat kita merasa lebih rileks hingga mengantuk).

Hormon yang diproduksi oleh tubuh secara alami menjelang malam hari ini akan bermasalah distribusinya sehingga baik dewasa maupun anak-anak akan mengalami gangguan tidur.

Kalau sudah begini, bukannya meningkatkan kualitas tidur, justru mengganggu jadwal tidur. Aktivitas harian pun tidak bisa dimungkiri juga akan terganggu."

Ada banyak dampak negatif yang bisa muncul ketika bermain gadget sebelum tidur, yakni:

 

- Menurunnya produktivitas

- Gangguan kesehatan mental seperti depresi hingga kecemasan

- Rentan mengalami gangguan kesehatan fisik

Maka itu, yuk hindari menghabiskan waktu di depan layar minimal 2 jam sebelum tidur. Dengan tidurdata:text/mce-internal,content,okezone%29 yang berkualitas akan membantu lebih produktif esok hari.***(okezone) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan