Regional

Pungli Oknum SPSI Viral Lagi, Kali Ini Korban Penjual Pot Bunga

MONITORRIAU.COM - Aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan diduga oknum SPSI kembali viral di media sosial. Kali ini yang menjadi korban adalah penjual pot bunga di Jalan Selamat Ketaren, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Video viral berdurasi 25 detik yang merekam seorang pria mengaku anggota SPSI itu meminta uang kepada penjual pot bunga yang hendak membongkar barang di lokasi. Bahkan dia meminta uang dengan ekspresi mengancam.

Yani Sebayang, warga Kecamatan Medan Barat, selaku korban menjelaskan persoalan tersebut kepada detikSumut, Jumat (27/5/2022).

Ia mengatakan kejadian itu terjadi pada Kamis (26/5/2022) sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, dia tengah mengantarkan pot bunga pesanan langganannya di Jalan Selamat Ketaren. Lokasi itu merupakan salah satu sentra penjualan tanaman hias.

"Ketika mau pulang, datang ah seorang pria yang mengaku dari SPSI. Saya pikir mau minta uang ke toko yang ada di situ. Eh, rupanya malah minta ke saya. Dia minta uang parkir untuk SPSI, padahal suami saya sudah bayar ke tukang parkir lain," katanya.

Dia mengatakan sempat emosi karena cara pria yang mengaku SPSI tersebut terkesan memaksa. Yani mengaku cukup sering ke daerah tersebut dan baru kali ini melihat ada oknum SPSI.

"Dia memang engga sebut nilainya. Tapi terakhir karena saya tetap bersih keras. Ya kami pulang begitu saja," ucapnya.

Yani pun memberikan video yang diunggahnya ke media sosial dan viral. Video itu berdurasi sekitar 25 detik. Di dalam video itu terlihat Yani cekcok dengan seorang pria mengenakan kaos biru hitam garis - garis.

"Coba-coba, kau mau SPSI, mau apa sekarang? Engga usaha banyak cerita kau. Tidak ada di sini orang SPSI minta sama aku. Sudah bolak balik aku ngambil barang di sini," ucap Yani.

"Tunggu kau ya. Biar kayak Josua kau kubuat ya. Biar tahu kau," sebut pria bertopi sembari turut memvideokan Yani berbicara.

Sebelumnya, satu video yang menunjukkan dua orang pria diduga melakukan pungutan liar (pungli) kepada pemilik toko material di Medan, Sumatera Utara, viral. Mereka melakukan pungli dengan modus uang SPSI.

Dilihat detikSumut, Senin (23/5/2022), di dalam video terlihat keduanya menggunakan seragam bermotif loreng warna biru, hijau dan merah. Keduanya berada di depan toko material tersebut.

Kedua pria disebut ingin bekerja menurunkan semen dari truk yang baru datang ke toko material itu. Namun ditolak pemilik toko dengan menyebut mereka sudah membuat janji akan memberikan setoran setiap bulan kepada pihak yang mengaku dari SPSI itu.

"Kan sudah ada nanti per bulan, apa lagi? 200 sak aja cuman loh," kata perekam video.

Mendapatkan penolakan, kedua pria itu mengatakan mereka hanya ingin bekerja. Mereka ngotot ingin bekerja dengan alasan pekerjaan itu merupakan tugas mereka dari SPSI.

"Kak ini memang pekerjaan kami dari SPSI," kata salah seorang pria yang menggunakan baju loreng itu.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Simpang Tuntungan, Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, pada Sabtu (21/5) yang lalu."*** (detikcom) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan