Regional

Ini Tampang Oknum SPSI Pungli Penjual Pot di Kantor Polisi

MONITORRIAU.COM - Oknum SPSI bernama Reza Aditya yang viral lantaran melakukan pungutan liar (pungli) terhadap penjual pot bunga di Jalan Selamat Ketaren, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang telah diamankan polisi.

Dilihat detikSumut, Sabtu (25/5/2022), oknum SPSI itu difoto dengan latar belakang ukuran tinggi badan. Reza terlihat memakai singlet atau kaos kutang berwarna biru saat berada di Polsek Percut Sei Tuan.

PS Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir menjelaskan pelaku hanya dikenakan wajib lapor usai diamankan petugas. Sebab, tidak ada laporan dari korban.

"Jadi setelah kita lakukan penyelidikan terhadap oknum SPSI di Percut Sei Tuan, ternyata dia minta uang rokok kepada ibu-ibu penjual pot bunga," ujar Fathir.

"Sampai saat ini tidak ada orang yang mau melaporkan dan merasa diintimidasi serta diancam sehingga dikenakan wajib lapor. Dia juga kita edukasi dan dibina agar pelaku dapat pekerjaan yang layak," sambungnya.

Menurut dia tindakan yang dilakukan pelaku bersifat pribadi, tidak berkaitan dengan organisasi secara keseluruhan.

"Untuk pemanggilan khusus terhadap organisasi SPSI sendiri tidak kita lakukan. Karena ini tindakan personal bukan secara organisasi," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi pungli yang dilakukan diduga oknum SPSI kembali viral di media sosial. Kali ini yang menjadi korban adalah penjual pot bunga di Jalan Selamat Ketaren, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Video viral berdurasi 25 detik yang merekam seorang pria mengaku anggota SPSI itu meminta uang kepada penjual pot bunga yang hendak membongkar barang di lokasi. Bahkan dia meminta uang dengan ekspresi mengancam.

Yani Sebayang, warga Kecamatan Medan Barat, selaku korban menjelaskan persoalan tersebut kepada detikSumut, Jumat (27/5/2022).

Ia mengatakan kejadian itu terjadi pada Kamis (26/5) sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, dia tengah mengantarkan pot bunga pesanan langganannya di Jalan Selamat Ketaren. Lokasi itu merupakan salah satu sentra penjualan tanaman hias.

"Ketika mau pulang, datang ah seorang pria yang mengaku dari SPSI. Saya pikir mau minta uang ke toko yang ada di situ. Eh, rupanya malah minta ke saya. Dia minta uang parkir untuk SPSI, padahal suami saya sudah bayar ke tukang parkir lain," katanya.

Dia mengatakan sempat emosi karena cara pria yang mengaku SPSI tersebut terkesan memaksa. Yani mengaku cukup sering ke daerah tersebut dan baru kali ini melihat ada oknum SPSI.

"Dia memang engga sebut nilainya. Tapi terakhir karena saya tetap bersih keras. Ya kami pulang begitu saja," ucapnya.

Yani pun memberikan video yang diunggahnya ke media sosial dan viral. Video itu berdurasi sekitar 25 detik. Di dalam video itu terlihat Yani cekcok dengan seorang pria mengenakan kaos biru hitam garis - garis.

"Coba-coba, kau mau SPSI, mau apa sekarang? enggak usaha banyak cerita kau. Tidak ada di sini orang SPSI minta sama aku. Sudah bolak balik aku ngambil barang di sini," ucap Yani.

"Tunggu kau ya. Biar kayak Josua kau ku buat ya. Biar tahu kau," sebut pria bertopi sembari turut memvideokan Yani berbicara."*** (detikSumut) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan