Nasional

Puluhan Anggota DPRA Tak Hadiri Pelantikan Achmad Marzuki jadi Pj Gubernur Aceh

MONITORRIAU.COM - Sekitar 44 anggota DPR Aceh tidak menghadiri pelantikan Achmad Marzuki sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh. Para anggota dewan tersebut rata-rata sedang berada di luar daerah dan tidak dapat tiket pesawat pulang ke Tanah Rencong.

Pantauan detikSumut, puluhan kursi anggota DPR Aceh tampak kosong hingga berakhirnya proses pelantikan Marzuki, Rabu (6/7/2022). Pelantikan digelar dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR Aceh Saiful Bahri.

Marzuki dilantik Mendagri Tito Karnavian. Proses pelantikan berjalan lancar dan khidmat. Kegiatan diakhiri dengan peusijuek (tepung tawari).

Ketika pelantikan digelar, anggota DPR Aceh yang hadir sekitar 37 orang dari total 81 anggota dewan.

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin menjelaskan penyebab banyak anggota dewan tidak menghadiri pelantikan. Menurutnya, agenda pelantikan yang semula direncanakan digelar di Jakarta mendadak berubah dan dilaksanakan di Aceh.

Menurut Safaruddin, banyak anggota dewan sedang berada di luar daerah karena kunjungan kerja dan tugas-tugas alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya. Mereka disebut tidak dapat pulang karena terkendala transportasi.

"Kebetulan banyak yang di Jakarta dan di luar daerah lainnya. Soal transportasi ini masalah juga kendalanya. Bahwa tiket untuk mereka bisa balik mengikuti paripurna hari ini tidak dapat, sebenarnya cuma alasan itu saja yang membuat terkendalanya mereka untuk bisa hadir," kata Safaruddin saat dimintai konfirmasi wartawan.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, agenda pelantikan semula dijadwalkan digelar di Jakarta pada 5 Juli kemarin. Pihak Kemendagri mengundang Ketua DPR Aceh Saiful Bahri untuk menghadiri pelantikan mewakili DPR Aceh.

Anggota DPR Aceh lainnya disebut ditugaskan dalam kegiatan kunjungan sesuai tugas masing-masing. Namun tiba-tiba mereka mendapat kabar pelantikan digeser ke Aceh.

"Sehingga itulah yang membuat kendala ketika kepulangan tiba-tiba, tanggal 4 itu kita disampaikan pukul 11 malam bahwa itu dikhususkan untuk Aceh akan dilantik di DPR Aceh. Makanya itu di transportasi kendalanya," ujar Safaruddin."*** (detiksumut) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan