Nasional

Festival Tabut di Bengkulu Akan Masuk Dalam Kalender Wisata Internasional

MONITORRIAU.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menjadikan Festival Tabut di Bengkulu menjadi agenda pariwisata internasional. Agenda tahunan dalam perayaan Tahun Baru Islam itu diyakini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Benglulu.

"Fetival Tabut bisa masuk pada agenda festival internasional. Bila ini bisa terwujud maka Indonesia memiliki festival yang mampu dikenal dunia," kata Sandiaga yang membuka festival itu, Selasa (2/8/2022) malam.

Festival ini sendiri dilakukan selama 10 hari, mulai dari 1 Muharram sampai 10 Muharram, setiap tahun. Berbagai macam acara digelar dalam festival ini, terutama ritual-ritual untuk mengenang meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW.

Tradisi Tabut atau Tabot ini diawali dengan prosesi pengambilan tanah (mengambik tanah) dari tempat yang dikeramatkan. Prosesi ini sudah dilakukan pada 1 Muharram lalu.

" Ini merupakan festival yang unik dan bisa mendatangkan banyak wisatawan," kata Sandi.

Dia mengatakan, selain tradisi atau ritual yang terus dilakukan selama sepuluh hari, festival ini juga digandeng dengan pentas seni, hiburan dan bazar yang memang sangat menarik bagi wisatawan. Makanya, Sandi ingin agar festival ini bisa masuk ke kalender wisata internasional.

"Festival Tabut yang didahului dengan prosesi pengambilan tanah sebagai tanda kalau manusia berasal dan akan kembali ke tanah. Ini memiliki nilai dan falsafah yang tinggi dan sangat menarik bagi wisatawan asing," jelas Sandiaga.

Diketahui Festival Tabut ini akan digelar selama 10 hari yang ditutup dengan arakan tabut menuju padang Karbela (kalau di Irak), sedangkan di Bengkulu menuju pemakaman keluarga tabut di Karbela yang dinamakan tabut tebuang atau terbuang."*** (detiksumut) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan