Regional

Video Pembakaran Bendera Pertama Diunggah Warga Aceh di Denmark

MONITORRIAU.COM - Polisi mengantongi identitas pengunggah video seseorang membakar bendera merah putih dan hanya sisa bendera bulan bintang. Pengunggah pertama video itu adalah warga Aceh di Denmark kemudian diunggah ulang oleh seorang napi narkoba.

"Hasil penyelidikan kita dapat informasi bahwa video pertama itu diunggah oleh NO warga Aceh yang tinggal di Denmark, merupakan kelompok ASNLF," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Minggu (21/8/2022).

ASNLF merupakan singkatan dari Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF), kelompok yang masih menginginkan Aceh merdeka. Winardy menyebut, NO mendapat suaka politik sehingga menetap di Denmark.

Menurut Winardy, polisi juga mengetahui video itu diunggah ulang TD, napi narkoba di Lapas Klas II Banda Aceh. Dia mengunggah ulang video itu dengan menambahkan narasi dalam bahasa Aceh yang bermakna 'Aceh sampai mati'.

"TD posisi masih napi dan dia warga Pidie," jelas Winardy.

Polisi saat ini fokus menyelidiki kasus itu dari pengunggah kedua. Polisi juga bakal berkoordinasi dengan ahli bahasa dan ahli ITE untuk menyelidiki perkara tersebut.

"Dalam waktu dekat kita gelar perkara apakah perkara ini bisa kita tingkatkan ke penyidikan. Kita juga masih menyelidiki lokasi pembakaran bendera," jelasnya.

Sebelumnya, Video memperlihatkan seseorang membakar bendera merah putih dan hanya sisa bendera bulan bintang viral di media sosial. Polisi turun tangan menyelidiki identitas pelaku.

Dalam video dilihat detikSumut, Sabtu (20/8/2022), video diawali dengan poster berisi kalimat penolakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Tulisan itu ditulis dengan huruf kapital dan sebagian kalimat dengan huruf kecil.

"Kami selaku bangsa Aceh menolak hari ulang tahun RI ke-77 di Aceh. 17.8.2022. TTD AM," bunyi penggalan tulisan tersebut.

Poster itu diikat pada bendera merah putih yang dibentangkan. Pelaku lalu membakar bendera tersebut sehingga poster jatuh ke tanah. Pelaku membakar dengan menggunakan kayu panjang.

Api yang membakar bendera putih sempat padam. Pelaku kembali membakar hingga bendera tersebut tidak tersisa. Pelaku juga membentangkan bendera bulan bintang di belakang bendera merah putih yang dibakar.

Belum diketahui lokasi pembakaran bendera tersebut. Dalam video juga tidak kelihatan wajah pelaku. Video pembakaran bendera itu direkam di tengah hutan."*** (detiksumut) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan