Regional

Kukerta Stifar 2022 Laksanakan Penyuluhan Dagusibu dan Bantu Kegiatan Cek Kesehatan

MONITORRIAU.COM - Sebagai mahasiswa farmasi, tentunya penyampaian informasi mengenai obat-obatan dan hal yang berhubungan dengan kesehatan sudah menjadi kewajiban mendasar. Kamis, 25 Agustus 2022, mahasiswa KUKERTA Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau (STIFAR Riau) menjalankan serangkaian kegiatan bersama UPTD Puskesmas Kecamatan Kuok yang diadakan di halaman depan Kantor Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kota Bangkinang.

Kegiatan diawali dengan senam Indonesia Sehat yang dipandu oleh salah satu anggota UPTD Puskesmas Kecamatan Kuok. Senam ini diikuti oleh warga Desa Merangin dan dua kelompok KUKERTA yang ada di Desa Merangin yakni dari STIFAR Riau dan UIN SUSKA Riau. Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Merangin, Perangkat Desa Merangin, Babinsa dan juga Bhabinkamtibmas. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai DAGUSIBU oleh mahasiswa KUKERTA STIFAR Riau, Fariz Putra Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan sembari mengisi waktu peserta kegiatan dalam menunggu antrian pemeriksaan kesehatan gratis. Untuk mencegah warga yang baru datang ketinggalan informasi, penyuluhan ini juga dilengkapi dengan brosur informasi seputar DAGUSIBU.

Cek kesehatan yang diadakan dalam kegiatan ini terdiri atas cek tekanan darah, gula, asam urat dan juga cek sputum untuk penyakit paru. Selain itu warga juga mendapatkan kesempatan konsultasi secara langsung dengan dokter umum terkait keluhannya dan mendapat obat yang tepat. Sesuai bidangnya, mahasiswa KUKERTA STIFAR Riau turut membantu dalam proses cek glukosa serta asam urat dan juga dalam pemberian obat kepada masyarakat sesuai dengan yang sudah diresepkan. 

Menurut dr. Rita Anggraini, dokter umum dalam kegiatan ini, dari hasil pemeriksaan didapatkan penyakit yang banyak dialami ialah Hipertensi. “Sehingga dengan adanya kegiatan pemeriksaan seperti ini, warga menjadi lebih terbuka dengan penyakitnya dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga akan kesehatan sehingga lebih mau untuk menjalankan hidup sehat” tambahnya.

Babinsa Koramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Serka Cipto Wibowo, mengatakan “Warga dimohon selalu jaga kesehatan karena kesehatan itu sangatlah penting. Dengan adanya kegiatan seperti ini warga tentunya akan antusias dalam menghadiri karena merupakan suatu kesempatan mengingat kegiatan ini terbuka dan tidak dipungut biaya.”

Sementara itu, Kepala Desa Merangin, Kuok, Yanfernizal mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KUKERTA STIFAR Riau 2022 atas berjalannya kegiatan ini dengan lancar dan bagusnya koordinasi yang telah dibangun. “Kegiatan yang telah dilakukan berjalan dengan baik, lancar, hubungan dengan warga desa dan perangkat desa terjalin harmonis dan kegiatan yang dilakukan juga sangat bermanfaat bagi warga Desa Merangin”, ungkap Kepala Desa.

 

(Nabilla S.)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan