Peringati Harhubnas 2022

Insan Perhubungan di Dumai Laksanakan Giat Bersih Pantai dan Kampanye Keselamatan Transportasi Laut

Plt. Kadishub Dumai Said Effendi saat menyerahkan pelampung kepada perwakilan nelayan di Kota Dumai sebagai tanda Kampanye Keselamatan Transportasi Laut sempena Harhubnas 2022

DUMAI (MR) – Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022, Insan Perhubungan di Kota Dumai melaksanakan kegiatan Bersih Pantai dan Kampanye Keselamatan Transportasi Laut yang dipusatkan di Dermaga D Pelindo I Cabang Dumai, Jalan Datuk Laksamana.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis pagi (15/09/2022) tersebut diprakarsai oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai bersama Stakeholder terkait dan juga mitra kerja.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh KSOP Kelas I Dumai. Sesama Insan Perhubungan tentunya kita harus saling support. Apalagi kegiatan ini sangat positif,” ungkap Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Said Effendi.

Ia mengatakan Harhubnas diperingati setiap tanggal 17 September setiap tahunnya, pada tahun ini tiada upacara bersama. Hanya diisi dengan kegiatan Bersih Pantai dan Kampanye Keselamatan Transportasi Laut.

“Harhubnas Tahun 2022 ini mengusung tema Bangkit Maju Bersama yanag tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab layanan jasa perhubungan usai pandemi Covid-19,” sebutnya.

Pesan Menteri Perhubungan, kata Said, seluruh stake holder harus berkolaborasi, bahu membahu untuk membangkitkan sektor transportasi sesuai dengan bidangnya masing – masing demi menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Untuk itu mari wujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk mewujudkan dan memajukan transportasi Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Mari selalu berkolaborasi untuk selalu menciptakan ketertiban di bidang perhubungan,” sebutnya.

Lanjut Plt. Kadishub, di sektor transportasi nasional pun, kebangkitan itu mulai terlihat. Data BPS menunjukan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022, dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44% .

Pencapaian ini harus disyukuri ditengah berbagai tantangan, sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia.

“Tantangan ini tidak akan bisa kita hadapi, tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara kita, pemangku kepentingan di sektor transportasi. Oleh karena itulah hari perhubungan tahun ini mengambil tema Bangkit Maju Bersama. Kita tak akan bangkit jika kita tidak bersama, tidak bersatu,” tukasnya.

Pantauan dilapangan, Kegiatan Bersih Pantai dimulai dengan penyerahan alat – alat kebersihan. Sedangkan, Kampanye Keselamatan Transportasi Laut ditandai dengan penyerahan pelampung oleh KSOP kelas I Dumai, Dishub Kota Dumai, Perwakilan TNI/ Polri kepada perwakilan Nelayan yang ada di Kota Dumai.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan