Lingkungan

Antisipasi Karhutla dan Jaga Kelestarian Hutan, PT KPI Unit Dumai Gelar Penanaman Pohon Gaharu

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menggelar acara sosialisasi Pelestarian Ek-situ Gaharu sebagai Tanaman Pagar Tahan Api

DUMAI (MR) – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menggelar acara sosialisasi Pelestarian Ek-situ Gaharu sebagai Tanaman Pagar Tahan Api, dengan Metode Pertanaman Press Blok. Kegiatan ini berlangsung di Patra Seroja Eco-Edupark pada Jumat, (1/9/2023).

Sejumlah pihak yang dilibatkan pada kegiatan ini diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, LSM Lentera Hijau Dumai, Pokmas Alam Tani, Pecinta Alam Pertamina RU II Dumai Patra Pala, serta mahasiswa/i dari STIA Lancang Kuning Dumai dan STT Dumai.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, menjelaskan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mempromosikan konservasi tanaman Gaharu sebagai tanaman langka dengan nilai ekonomi tinggi.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat mengurangi risiko kebakaran lahan hutan di kawasan Kota Dumai dengan menggunakan metode pertanaman Press Blok, terutama di lahan pertanian milik Pokmas Alam Tani, Tanjung Palas," ungkapnya.

Dia memaparkan pentingnya melibatkan masyarakat dalam upaya konservasi dan pelestarian hutan ini. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan, khususnya dalam hal pelestarian tanaman Gaharu.

Dalam upaya ini, Patra Seroja Eco-Edupark berperan sebagai sarana pembibitan dan edukasi, menjalankan program CSR PT KPI Unit Dumai dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Manager HSSE PT KPI Unit Dumai, Reza Merizki, menjelaskan bahwa pohon Gaharu memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan menghadapi ancaman kepunahan karena tebang pilih yang tidak terkontrol.

"Kami berkomitmen untuk melestarikan populasi pohon Gaharu dengan berbagai upaya konservasi. Program ini diharapkan dapat berlanjut dan mendapat dukungan dari berbagai instansi dan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili Suherman, serta perwakilan dari BKSDA Riau, Deniwanto, menyatakan dukungan terhadap program pelestarian Gaharu ini. Mereka menjelaskan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan tanaman langka seperti Gaharu.

Sosialisasi ini juga mencakup panduan praktis tentang penanaman Gaharu, yang dipandu oleh Dzikro. Penanaman pertama melibatkan 300 bibit Gaharu yang ditanam mengelilingi lahan pertanian Pokmas Alam Tani, Tanjung Palas. Rencananya, akan ada 200 bibit tambahan untuk tahap kedua setelah barisan pertama.

Kegiatan penanaman Pohon Gaharu ini merupakan langkah nyata PT KPI Unit Dumai dalam menyukseskan program Net Zero Emission yang tengah digaungkan. Program ini juga sesuai dengan semangat Environmental, Social, and Governance (ESG) serta Sustainability Development Goals (SDGs) yang diimplementasikan di lingkungan PT KPI terutama fokus 1 yaitu Addressing Climate Change dan fokus 2 yaitu Reducing Environmental Footprints.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan