Food & Traveler

Roti Canai Khas Malaysia Hadir di Gerai Bubur Ayam Jawa Mas Bowo

Roti Canai Khas Malaysia hadir di Gerai Bubur Ayam Mas Bowo

DUMAI (MR) - Serupa tapi tak sama, budaya kuliner di negara Asia Tenggara memang mirip. Seperti di Malaysia, Singapura dan Indonesia ada banyak kemiripan jenis makanan, baik bentuk maupun rasanya.

Salah satunya roti canai, hidangan roti pipih atau flatbread ini sebenarnya berasal dari India. Tapi karena banyaknya imigran India yang menetap di Asia Tenggara, roti pipih ini ikut populer bahkan jadi makanan lokal di Malaysia, Singapura, Brunei, Indonesia hingga Thailand.

Di Kota Dumai banyak gerai dan warung yang menyediakan hidangan roti canai. Namun roti canai khas Malaysia menjadi favorit tersendiri bagi masyarakat Kota Idaman. Seperti Roti Canai Afdhaliza yang sempat viral di Jl Janur Kuning Dumai, tahun 2023 lalu.

Kini, Roti Canai yang berkiblat ke resepi negeri jiran tersebut hadir di Gerai Sarapan Bubur Ayam Jawa Mas Bowo Jl Jenderal Sudirman, Tepatnya di samping bakso tenis Ibu Siswati.

Roti Canai buatan Afdhal sang juru masak ini punya cita rasa tersendiri. Rasa gurih dan sedikit manis terasa saat pertama mencicipi roti polosnya. Ada juga aroma wangi khas, menambah selera makan kita.

Tak hanya itu, kuah karinya benar-benar berbeda dengan  canai lain di Kota Dumai. Tak terlalu kental dan medok, namun nikmat dengan potongan ayam yang lezat. Rasa karinya cukup kuat terasa sehingga saat dimakan bersama rotinya menghasilkan perpaduan rasa yang sempurna.

Afdhal punya pengalaman bekerja di Gerai mamak selama bertahun-tahun di Malaysia. Ilmu memasak menu khas negera asal Upin-Ipin itu sudah sangat dikuasainya.

Saat buka warung di Jl Janur Kuning tahun lalu, ia menyediakan menu Mie Kari, Mie Mamak, Tom Yam, Nasi Goreng Pataya serta Nasi Lemak. 

"Saat ini masih tersedia Kari Ayam. Jika nanti banyak permintaan, akan kita siapkan juga kari kambingnya," ujar Afdhal, Jumat (16/02/2024).

Varian Canainya ada Roti Canai Telur, Roti Canai Telur-Keju, dan Roti Canai Sarden serta Martabak Mesir daging ayam.

Bagi anda penggemar manis, jangan kuatir ada juga Roti Canai Pisang Keju, Cokelat Keju, Pisang Susu, Keju-Milo dan Pisang Cokelat.

"Kami menghadirkan pilihan lain untuk menu sarapan. Sebelumya di gerai kita ada bubur ayam, lontong gulai dan nasi uduk. Dengan adanya canai dan martabak ini, pilihan konsumen lebih beragam," ujar Roni pemilik Gerai.

Roni megatakan, di Jumat berkah ini, menu roti canai dan martabak dihadirkan untuk pertama kalinya. Sementara buka dari pagi hingga 11.30 siang. Ditargetkan sebelum puasa Ramadhan tahun ini akan buka hingga malam.

"Nanti kita juga akan menghadirkan menu Bandrek, Teh Telor dan Sate sebagai menu pilihan bagi konsumen selain roti canai dan martabak mesir," Pungkas Roni.

Bagi warga Dumai yang Penasaran dengan rasanya, silahkan datang langsung ke Gerai Bubur Ayam Mas Bowo Jl Jenderal Sudirman, Tepatnya di samping bakso tenis Ibu Siswati.

Atau yang ingin memesan roti canai dan martabak untuk acara keluarga, arisan dan pesta pernikahan bisa menghubungi nomor WA: 0813-7299-4916. ***
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan