Dunia

Jokowi Makan Malam dengan Kepala Negara dan Menteri KTT IORA

MONITORRIAU.COM – Malam ini, Senin, 6 Maret 2017, Presiden RI Joko Widodo menghadiri jamuan makan malam di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan. Gala dinner ini merupakan bentuk sambutan Presiden Jokowi kepada tamu-tamu VVIP-nya.

Sebagai tuan rumah, Jokowi bersiap menyambut Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) esok, Selasa, 7 Maret 2017, yang merupakan acara puncak dari konferensi negara-negara kawasan Samudera Hindia ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kehadiran tamu-tamu negara itu. Ia mengatakan Jakarta adalah kota yang luar biasa. Hal ini ia sampaikan karena ia pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014, sebelum terpilih menjadi Presiden RI yang ke-7.

"Jakarta adalah kota yang luar biasa. Saya mengerti karena saya merupakan mantan Gubernur Jakarta, selama kurang lebih 2,5 tahun (menjabat). Oleh karena itu, segala yang Anda sukai tentang Jakarta, tolong kabari ke semua orang. Namun, segala hal yang tidak berkenan bagi Anda, tolong katakan kepada saya langsung dan saya akan sampaikan kepada Gubernur petahana Jakarta," ucapnya di hadapan para kepala negara yang turut hadir.

Jokowi juga menyinggung pentingnya KTT IORA ini untuk negara-negara di kawasan Samudera Hindia dan dunia. Menurutnya, IORA memiliki sejarah yang luar biasa dan keberagaman budaya. Di kawasan inilah Indonesia berada di timur sebagai kawasan ekonomi maritim terbesar dengan 17.000 pulau. Indonesia, Jokowi, adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

"Kita ingin melakukan KTT yang sangat produktif dan silakan jangan lupa menikmati perbelanjaan kelas dunia di Jakarta, kuliner, padang golf dan keramahannya. Saya berharap Anda dapat berkunjung ke Indonesia lebih sering. Terima kasih banyak," ucapnya menutup pidatonya.

Malam ini, kepala negara dari anggota KTT IORA dijadwalkan telah tiba di Jakarta. Mereka akan mengikuti puncak acara dari konferensi ini. Kepala negara yang hadir yaitu Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Bangladesh Seikh Hasina, Wakil Presiden Uni Komoros Azali Assoumani, Wapres India Mohammad Hamid Ansari, Presiden Madagaskar Hery Rajaonarimampianina, dan Perdana Menteri Malaysia Dato' Seri Najib Razak.

Selain itu, turut hadir pula Presiden Mozambik Filipe Jacinto Nyusi, Wapres Seychelles Vincent Meriton, Wakil Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean, dan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan