Parlementaria

Toyota Tim Indonesia Optimistis Ulangi Prestasi di Kompetisi Motorsport Nasional

JAKARTA (MR) – Bermodalkan prestasi yang menggembirakan pada 2016 dan semangat baru, Toyota Team Indonesia (TTI) optimistis menghadapi ajang kompetisi motorsport nasional 2017. Balapan pertama dijadwalkan berlangsung pada 18 Maret di Solo untuk kejuaraan nasional slalom dan 26 Maret di Sirkuit Sentul untuk kejuaraan touring nasional.

Dalam ajang tersebut, TTI akan diwakili oleh sejumlah pembalap nasional berbakat. Diantaranya Alinka Hardianti, Anjasara Wahyu, Adriaza Yunial, Demas Agil dan Hari Darma Manoppo

“Dipayungi semangat Let’s Go Beyond, penampilan TTI pada musim 2017 ini diharapkan akan lebih baik, tidak hanya berhasil dalam setiap kejuaraan, tapi juga sekaligus menginspirasi kalangan generasi muda untuk mengembangkan dirinya dalam potensi motorsport nasional,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Selasa (14/3).

Melalui penampilan TTI di musim 2017, Toyota Astra Motor (TAM) berupaya untuk lebih memperluas semangat Let’s Go Beyond untuk masuk ke dalam gaya hidup pengemar otomotif pencinta motorsport. Dalam mengembangkan potensi motorsport nasional, perlu upaya untuk memperluas persepsi bahwa dunia ini bukan hanya milik pembalap, tapi juga harus bisa menjadi masyarakat umum secara luas, terutama generasi muda.

“Kami berharap dinamika motorsport nasional bisa terus meluas dan lebih memasyarakat. Melalui ajang ini, kami juga ingin menunjukkan bahwa mobil yang dirancang Toyota dalam semangat Let’s Go Beyond mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan sesuai dengan gaya hidup masing-masing, termasuk untuk di arena motosport, serta menunjukan peforma mobil Toyota dalam hal kualitas, reliability maupun durability,” kata Soerjo.

Untuk musim laga 2017 ini, TAM menyiapkan tiga line-up untuk TTI yaitu Agya dan Etios untuk turun di kelas slalom dan Yaris di kelas touring. Semuanya adalah andalan Toyota di segmen hatchback yang kinerjanya sudah teruji di pasar seperti terlihat dari market share-nya yang dominan.

General Manager TTI, Memet Djumhana mengakui, kinerja 3 line-up Toyota ini mampu mendukung prestasi TTI seperti terlihat dari kinerja tim. Di kelas touring ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), dengan menggunakan Toyota All New Yaris pembalap TTI Haridarma Manoppo mampu langsung menaiki podium meski baru masuk di seri ke 4.

“TTI sempat absen 8 tahun, dan baru aktif lagi pada seri 4 ISSOM 2016 lalu, tapi Haridarma dengan All New Yaris mampu langsung naik podium di posisi ke dua. Ini terus bertahan sampai seri ke 7,” kata Memet.

Di ajang kejuaraan touring nasional di Sentul ini, TTI juga akan mendapatkan dukungan penuh dari TRD Indonesia dalam hal teknis dan pengembangan mobil.

“TRD Indonesia berkomitmen untuk mendukung TTI dalam kejuaraan touring dengan menyiapkan dukungan teknisi, pengembangan mobil hingga evaluasi menyeluruh agar TTI dapat menjadi yang terbaik di musim 2017 dan seterusnya,” ujar Toshio Obara selaku pimpinan dari TRD Indonesia.

Bahkan pada November 2016 lalu berhasil mencapai prestasi prestisius di kancah global dengan berhasilnya pembalap wanita Alinka Hardianti masuk dalam grand final ajang One Make Race International Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016 di sirkuit Fuji Speedway, Jepang. Meski hanya sempat melakukan satu sesi latihan, Alinka mampu memacu kendaraannya dengan mencapai waktu tercepat atau best lap 2 menit 27 detik di ajang yang dibuka langsung oleh orang nomor satu Toyota Motor Corporation Akio Toyoda.

Keberhasilan Alinka ini memberi peluang kepada pembalap Indonesia lainnya untuk bisa ikut dalam ajang One Make Race International Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race berikutnya. “Keberhasilan ini membuktikan bahwa peluang TTI untuk berprestasi di tingkat global sangat terbuka,” kata Memet.

Sedangkan di kelas slalom, pada 2016 lalu pembalap wanita TTI Alinka berhasil merajai Indonesia Night Slalom (INS) dengan meraih posisi pertama di seri 1, 2 dan 5. Begitu pula dengan Anjasara Wahyu keluar sebagai pemenang pertama di seri 1, 2 dan 5 untuk kelas A3.

Sementara itu pembalap andalan TTI lainnya, Adrianza Yunial keluar sebagai pemenang pertama seri 1 dan 2 untuk kelas A4 dan pemenang pertama seri 3 untuk kelas A3. Pebalap Miko Mahaputra juga berhasil 3 kali naik panggung dan tercatat sebagai juara ke 2 untuk kelas A3 seri 1 dan 5 serta juara 2 untuk kelas A4 seri 2.

Untuk musim kejuaraan 2017 ini, TTI telah menyiapkan tim dengan anggota Alinka Hardianti yang akan turun dengan Yaris, Agya dan Etios di kelas slalom dan touring, Anjasara Wahyu akan menggunakan Etios dan Agya di ajang slalom, begitu juga dengan Adriaza Yunial dan Demas Agil yang akan turun dengan Etios dan Agya di slalom. Sedangkan Hari Darma Manoppo akan bertanding dengan Toyota All New Yaris di kelas touring ITCC 1600 Max di kejuaraan ISSOM.

Selain didukung oleh TAM, TTI juga didukung oleh Toyota Racing Development (TRD), Toyota Motor Oil (TMO), produsen ban GT Radial dan 3M.*** (beritasatu)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan