Lifestyle & Entertainment

Mengatasi Masalah Kulit Kepala dan Rambut Bayi

JAKARTA (MR) - Masalah kulit kepala dan rambut tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun juga pada bayi.

Ahli dari RS Pusat Pertamina dan Brawijaya Women & Children Hospital, dr Margareta Komalasari SpA, mengungkapkan, banyak masalah yang kerap terjadi pada kulit kepala dan rambut bayi, seperti misalnya rambut tipis, rambut cepat menjadi bau, rambut kusut dan kulit kepala berkerak.

"Faktanya, hampir sebagian besar Ibu menemukan masalah-masalah tersebut pada rambut anak mereka," ungkap dr Magareta dalam keterangan persnya, Jumat (31/3).

Menurut dr Margareta, khusus untuk masalah rambut cepat menjadi bau, ternyata disebabkan karena adanya endapan keringat yang mengering pada kulit kepala, dan tentunya juga dapat merusak akar rambut.

"Rutinitas bayi yang aktif cenderung dapat menimbulkan keringat terutama pada bagian kepala, apalagi jika tinggal di daerah tropis," paparnya.

Perawatan untuk bayi diusahakan menggunakan produk berbahan alami agar aman dan tidak menyebabkan masalah bagi bayi. Sebenarnya perawatan rambut bayi dapat dilakukan dengan menjaga kebersihannya lewat rutin keramas menggunakan sampo khusus bayi.

"Selain untuk membersihkan kepala, keramas juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mempererat ikatan ibu dan bayi," jelas dr Margareta.

Sementara itu, Brand Development Manager My Baby, Selva Marsentiani, menjelaskan, berdasarkan hasil survey konsumen di awal tahun 2017 yang dilakukan My Baby pada ibu di seluruh Indonesia, menegaskan bahwa 98 persen ibu mengakui kepala bayi merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif.

"Sebanyak 66 persen responden mengakui mereka menginginkan bayinya memiliki rambut tebal serta hitam berkilau dan 100 persen mengakui momen keramas dapat mempererat hubungan ibu dan bayi," kata Selva.

Mengenai hasil survei ini, lanjut dia, kalangan ibu juga mengakui bahwa rambut tipis dan cepat bau menjadi permasalahan utama yang paling sering dialami bayi dengan persentase 61 persen dan 47 persen.

"Sementara dari sisi pemilihan produk, meskipun setiap ibu akan melakukan banyak cara untuk penampilan terbaik bayinya, terungkap lebih dari 81 persen tetap memilih untuk menggunakan produk yang telah teruji klinis, tidak pedih di mata dan berbahan alami. Juga 57 persen memilih shampoo dengan wangi yang tahan lama untuk mengatasi masalah rambut anak yang cepat menjadi bau," jelasnya.*** (brt1)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan