FJPP

Petugas Puskesmas Diminta Turun ke Lapangan

MAMUJU (MR) - Petugas puskesmas di Provinsi Sulawesi Barat diminta untuk turun ke lapangan guna memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Ahmad Azis.

"Puskesmas jangan hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga memberikan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya," katanya di Mamuju, Jumat (7/4/2017).

Ia mengatakan, pendekatan pelayanan kesehatan mesti terintegrasi dan berkesinambungan, dengan target keluarga, didasari data dan informasi dari profil kesehatan keluarga sehingga datanya valid agar dapat diberikan intervensi awal dalam mengoptimalkan kesehatan. "Puskesmas mesti melakukan analisis terhadap hasil pendataan dan merencanakan upaya intervensi yang dilakukan terhadap masalah kesehatan dengan demikian pendekatan keluarga tidak hanya berupa pendataan atau sensus saja," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan, dalam percepatan pelaksanaan Nawa Cita kelima, berupaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan, dan kesehatan. Ia mengatakan ada tiga hal pokok sebagai strategi meningkatkan kesehatan, di antaranya membangun paradigma sehat yang dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan kesehatan, penguatan promotif, preventif, dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, penguatan pelayanan kesehatan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dan peningkatan pelayanan kesehatan meggunakan pendekatan "continuum of care", dan intervensi berbasis risiko kesehatan.

Selain itu, katanya, pemberian jaminan kesehatan nasional dengan strategi perluasan sasaran dan benefit serta kendali mutu serta kendali biaya. "Pendekatan pelayanan keluarga adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan," katanya.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan