Daerah

Robot Toyota Bisa Bantu Orang Lumpuh, Disewakan Rp43 Juta per Bulan

TOKYO (MR) – Produsen automotif Jepang tak hanya membuat mobil sebagai sarana mempermudah mobilitas, namun juga robot untuk membantu kalangan lanjut usia serta orang lumpuh agar bisa berjalan normal kembali.

Honda sudah mengomersialkan robot untuk membantu orang cacat berjalan sejak dua tahun lalu. Selanjutnya giliran Toyota yang merambah bisnis yang sama.

Toyota Motor mengumumkan akan menyewakan robot walk assist system  mulai akhir tahun ini di Jepang. Produsen automotif terbesar kedua di dunia itu sudah mengembangkan robot untuk membantu orang berjalan sejak 10 tahun lalu, namun baru tahun ini dikomersialkan. Robot tersebut berbentuk rangka yang dipasang dari telapak kaki hingga paha.

Nantinya robot walk assist akan disediakan di banyak rumah sakit di Jepang, membantu orang yang memiliki masalah dengan tubuh bagian bawah untuk berjalan. Biaya sewanya sebesar 350 ribu yen atau sekira Rp43 juta per bulan ditambah biaya awal 1 juta yen. (1 yen = Rp121)

"Sistem akan membantu orang lanjut usia agar bisa melakukan aktivitas sendiri tanpa dibantu orang lain," demikian pernyataan Toyota, seperti dikutip dari Reuters.

Pertumbuhan kalangan lanjut usia di Jepang termasuk yang tertinggi di dunia. Data kependudukan pada 2015 menyebutkan, jumlah kalangan berusia 65 tahun ke atas mencapai 26,7 persen dari populasi masyarakat Jepang.*** (okz)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan