Dunia

RI Ingin Perluas Pasar Perdagangan dengan Lithuania

MONITORRIAU.COM – Presiden Lithuania Dalia Grybauskait akan melakukan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada 17 Mei mendatang. Kunjungan ini merupakan pertemuan pertama antara Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo.

Salah satu isu yang akan menjadi perhatian utama dalam kunjungan Presiden Grybauskait kali ini adalah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan.

"Indonesia ingin membuka akses pasar bagi produk Indonesia yang lebih luas di sana. Selain itu juga akan dibahas mengenai kerja sama di bidang energi terbarukan juga bidang pertanian dan transportasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Akan ada dua kesepakatan yang saat ini masih dibahas dan diharapkan bisa diselesaikan, yaitu di bidang energi terbarukan dan konservasi energi, serta bidang transportasi. Lithuania memang memiliki keunggulan di bidang tersebut, khususnya dalam konteks biomass dan biofuel.

"Di sini kita berharap ada kerja sama transfer teknologi yang bisa dilakukan dari Lithuania ke Indonesia. Walaupun nilai perdagangan kedua negara sangat kecil yaitu sekitar US$ 38 juta, namun ada potensi yang cukup tinggi," ujar Arrmanatha.

Di bidang pariwisata, jumlah wisatawan Lithuania ke Indonesia pada tahun 2016 mencapai 5521 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2015, di mana jumlah turis Lithuania hanya berkisar 3.739 orang.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan