FJPP

Moms, Simak 3 Hal Penting Pilih Bakso Berkualitas

MONITORRIAU.COM - Setelah beberapa hari menyantap sajian khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, ada kalanya orang bosan dan ingin mencari suguhan yang segar dan berkuah. Bakso umumnya menjadi incaran banyak orang.

Ya Jika Anda melihat warung atau gerai bakso atau mi ayam, pasti tidak pernah sepi pembeli.

Nah tidak ada salahnya Anda mengolah sendiri bakso di rumah, tentunya lebih sehat dan bergizi.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika hendak mengolah bakso. Salah satunya adalah menyangkut teknik pemilihan bakso berkualitas. Hal ini diungkapkan Chef Dhea Annisa.

Lihat warnanya

Bakso dengan warna abu-abu menandakan menggunakan daging sapi dalam jumlah cukup banyak. Sementara bakso yang warnanya pucat tandanya banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lain. Bakso yang baik yang menggunakan daging segar tanpa pengawet memiliki warna yang lebih gelap, biasanya berwarna abu-abu. Warna yang gelap mengindikasikan bahwa bakso tersebut menggunakan lebih banyak daging ketimbang bahan lain.

Cek tingkat kekenyalan

Tingkat kekenyalan bakso tergantung kualitas daging sapi yang digunakan. Kalau kualitas daging sapinya bagus maka bakso akan terasa kenyal dan bertekstur garing. Sementara itu, jika banyak tepung maka akan bertekstur cenderung kenyal namun keras.

Daya tahan bakso

Bakso termasuk produk pangan yang berpotensi mendapat campuran bahan kimia. Idealnya bakso yang sehat akan bertahan selama kurang lebih empat hari di suhu ruang. Sementara jika masuk ke dalam lemari es atau chiller bisa kuat hingga seminggu. Lain lagi jika disimpan dalam suhu beku maka bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan