Daerah

Peneliti Ciptakan Purwarupa Ponsel Tanpa Baterai

Telepon Selular (ponsel) di salah satu pusat penjualan ponsel di Jakarta. (ilustrasi)

MONITORRIAU.COM - Anda mungkin tidak perlu lagi mengisi ulang baterai telepon seluler (ponsel) pada masa depan. Hasil penelitian terbaru dari University of Washington berhasil membuat purwarupa ponsel tanpa baterai. 

Purwarupa itu memiliki pendekatan inovatif untuk menghindari penggunaan sel baterai. Ponsel itu memanfaatkan energi dari lingkungan yang didapatkan dari sinyal radio dan cahaya untuk mengirimkan sinyal. 

Para peneliti mengembangkan purwarupa itu dengan material sederhana seperti tombol sentuh, papan sirkuit, dan komponen-komponen yang mudah untuk didapatkan. Penelitian itu juga berhasil membuat stasiun pemancar khusus yang bisa mengirimkan sinyal dengan dengan energi kecil. 

Ponsel itu pun mampu melakukan dan menerima panggilan telepon via Skype. Meski begitu, ponsel itu masih akan terus dikembangkan dengan menambahkan enkripsi sehingga panggilan telepon menjadi lebih aman. 

"Anda bisa bayangkan di masa depan jika seluruh menara seluler atau router Wi-Fi memiliki teknologi stasiun pemancar kami, Anda akan memiliki jaringan ponsel tanpa baterai di mana pun," ujar ketua tim peneliti  Vamsi Tall seperti dikutip Mashable, Sabtu (8/7). (*)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan