Lingkungan

Mengapa Jonru Selalu Membicarakan Jokowi? Ini Jawabannya!!!

Jon Riah Ukur, nama asli Jonru atau Jonru Ginting mulai dikenal orang saat Pilpres 2014 di mana dia mendukung Capres Prabowo Subiakto. Jokowi, Capres lawan Prabowo, menjadi sasaran empuk kritikan, eh omongan Jonru. Saya tidak menyebut Jonru melakukan kritikan karena syarat omongan disebut kritikan sangat banyak, di antaranya: Kritik harus disampaikan dengan alasan yang logis, disertai solusi permasalahan, menggunakan bahasa yang santun, serta tidak menggunakan kalimat-kalimat yang menyinggung perasaan orang lain.

Coba kita tengok Facebook Page (FP) Jonru yang jumlah like-nya hampir mencapai satu juta. Mayoritas status yang ditulis Jonru selalu membicarakan sosok Jokowi. Sayangnya, bukan kebijakan Jokowi di pemerintahan yang dibicarakan namun lebih ke pribadi Jokowi. Jonru tidak memberi solusi atas permasalahan.

Dia sering menggunakan kalimat-kalimat yang menyinggung Jokowi. Misalnya, dia meragukan ibu kandung Jokowi yang menurutnya tidak jelas. Karena ketidakjelasan itulah, dia menyimpulkan semua yang dilakukan Jokowi di pemerintahannya tidak jelas. Sebuah pendapat yang ngawur dengan kesimpulan yang tidak logis.

Bagaimana bisa asal-usul seseorang dipakai untuk menilai sebuah kebijakan yang dilakukan orang lain? Jika memakai logika Jonru, maka orang mungkin akan menilai Jonru adalah orang yang tidak jelas juga. Karena toh semua orang tidak tahu asal-usul Jonru. Dia tidak pernah mengungkapkan siapa ayah dan ibu kandungnya. Maka menilai seseorang dari asal-usulnya adalah pendapat ngawur dan tendensius yang didasari dengan sikap kebencian kepada orang tersebut.

Saya ingat kutipan dari Eleanor Roosevelt, Ibu Negara AS, “Orang yang berpikir besar membicarakan ide dan gagasan, orang yang berpikir sempit selalu membicarakan orang lain.” Kutipan ini cocok untuk Jonru karena dia hobi membicarakan Jokowi tanpa pernah membicarakan apa ide dan gagasannya untuk memajukan bangsa ini. Jokowi bagi Jonru adalah sosok yang selalu salah. Melakukan ibadah salah, tidak melakukan ibadah tambah salah.

Meski begitu, kehadiran Jokowi bagi Jonru adalah penting. Apa buktinya? Jokowi secara tidak langsung memberi nafkah buat Jonru dan anak istrinya. FP Jonru yang dipenuhi jutaan fans berat Jonru bisa di-monetize. Kerumunan orang pemuja Jonru akan bisa dikonversi menjadi uang. Bagaimana caranya?




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan